Mobile

Apple Music atau Spotify di tahun 2019

Apple Music atau Spotify
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Waktu Baca: 3 menit

Apple Music atau Spotify? Di era cloud streaming service di jaman modern ini. Para pecinta musik kini dimanjakan dengan layanan musik yang tak perlu memerlukan ruang kapasitas data yang besar. Cukup dengan berlangganan layanan music streaming sudah dapat menikmati berbagai lagu dan berbagai genre.

Nah, dalam artikel ini aku akan membahas perbandingan diantara dua penyedia layanan music streaming terbesar saat ini. Apple Music dan Spotify. Apple Music atau Spotify adalah salah satu pertanyaan besar (halah) yang akan menentukan mana yang berhak hadir dalam menu aplikasi di berbagai gadget yang kita miliki.

Oh ya sebelum membaca ini, sudahkah kamu membaca Network Effect, memahami harga Apple yang mahal ?

Ketersediaan Lagu

Apple Music atau Spotify
Homepage Apple Music di iPad

Dalam hal ketersediaan lagu, Apple Music dan Spotify, sama-sama memiliki katalog lagu yang sangat banyak. Tapi, diantara keduanya, Apple Music unggul dalam hal jumlah lagu, ketersediaan videoklip, dan beberapa video behind the scene. Namun, Spotify juga tidak terlalu ketinggalan jauh dan masih menambah katalog lagunya hingga 20.000 lagu baru per-hari-nya.

Walaupun hal ini merupakan salah satu indikator dalam mana layanan musik yang lebih baik, namun hal ini bukanlah sesuatu yang signifikan. Kecuali kamu tipe-tipe orang yang suka dengan genre atau penyanyi yang sangat-sangat anti-mainstream, mungkin kamu akan cenderung menemukannya di Apple Music dibandingkan Spotify.

Tapi kalau kamu pendengar John Meyer, atau Justin Bieber. Apple Music atau Spotify tidak akan ada bedanya.

Biaya Berlangganan dan Metode Pembayaran

Harga Apple Music
Harga Apple Music

Apple Music dan Spotify sama-sama menawarkan uji coba gratis selama satu bulan. Harga paket yang ditawarkan Apple Music atau Spotify pun sebenarnya relatif sama, baik itu paket pelajar, perorangan, ataupun keluarga.

Untuk pilihan mana yang lebih ekonomis antara Apple Music atau Spotify, Spotify unggul karena masih bisa dinikmati dengan gratis meskipun ada batasan-batasan dari Spotify seperti harus menggunakan Shuffle, Lewati Lagu maksimal 5x dalam setengah jam, dan Iklan disela-sela mendengarkan musik.

Dalam hal metode pembayaran, antara Apple Music atau Spotify, Spotify lebih unggul dibandingkan Apple Music. Apple Music hanya menerima pembayaran melalui Kartu Kredit atau Debit, dan juga saldo iTunes yg bisa diisi melalui iTunes GiftCard. Sedangkan Spotify bisa menerima pembayaran melalui Pulsa, Kartu kredit/debit, Indomart/Alfamart, dan juga Transfer Bank Lokal.

Kualitas Audio

Secara umum Apple Music dan Spotify sama-sama memberikan kualitas audio yang sudah sangat bagus, kecuali kamu seorang Audiophile garis keras yang menginginkan kualitas terbaik, hal itu bisa dinikmati di aplikasi streaming musik Tidal, yang sayang sekali belum masuk di Indonesia.

Apple Music menggunakan format audio AAC (Advanced Audio Coding) yang berjalan dengan bitrate 256kbps. Sementara Spotify menggunakan format audio OGG Vorbis yang tersedia dalam 3 bitrate, (low 96kbps, medium 160kbps, dan high 320kbps).

Fitur antara Apple Music atau Spotify

Tampilan Spotify
Homepage Spotify di iPad

Apple Music atau Spotify memiliki fitur yang hampir sama, ada fitur media sosial dimana kamu bisa mengikuti teman atau kurator musik kesukaanmu, tapi disini Spotify lebih unggul. Di Spotify versi PC atau Mac, kamu bisa melihat apa yang teman kamu sedang dengarkan, sedangkan di Apple Music tidak.

Algoritma dalam Discover Weekly milik Spotify menurut teman-teman yang aku ketahui mengatakan akurasi-nya cukup tinggi dalam menebak karakter musik yang disukai. Sedangkan akurasi Apple Music ini belum sebagus Spotify.

Untuk fitur lirik antara Apple Music atau Spotify, Apple Music unggul karena ada lirik dalam aplikasinya, sedangkan Spotify harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Musixmatch untuk menampilkan lirik.

Dukungan Hardware

Antara Apple Music atau Spotify, Spotify unggul karena selain mendukung semua device yang didukung oleh Apple Music, Spotify juga menjangkau PlayStation da Xbox One.

Kesimpulan

Apple Music atau Spotify? Tidak ada pilihan terbaik disini, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing di tahun 2019 ini. Tinggal disesuaikan saja mana yang lebih cocok untuk kamu pakai. Kalo aku sih masih menggunakan Apple Music setelah 2 tahun menggunakan Spotify, gimana dengan kamu? Mana antara Apple Music atau Spotify yang sedang aktif kamu gunakan?

2
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Tags:

One comment

  1. […] Serta ada juga banyak rangkaian acara lainnya yang menghibur. Oh iya sudahkah kamu membaca Apple Music vs Spotify […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *