featured asus vivobook ultra a412

VivoBook Ultra A412 Launching dan Aku Menang Lomba

VivoBook Ultra A412 ini adalah seri laptop terbaru dari ASUS setelah meluncurkan VivoBook S dan VivoBook Pro. Kebetulan aku tahu ini karena beberapa bulan ini sedang melihat-lihat pasar laptop untuk menggantikan Macbook Pro 13″-ku yang setia menemani sejak tahun 2011. Eh lha kok ternyata mbak Nana nawarin untuk ikut acara Blogger Gathering dan Launching ASUS VivoBook Ultra A412 ini di hotel Atria Malang.

Ketika sampai di Atria, disana aku ketemu sama mas Fery Arifian, Mbak Aik alias nengbiker, dan mas Ale sekeluarga. Langsung saja aku duduk disebelah nengbiker sembari sharing karena ternyata kita sama-sama tertarik untuk memiliki laptop ini. Setelah melihat-lihat Backdrop dan Banner dari VivoBook Ultra A412 ini, yang ada dipikiranku adalah ini adalah Ultrabook mungil, tipis, dan ringkas yg cmn enak kalau dibuat ketik-ketik saja.

VivoBook Ultra A412 Keunggulannya Apa?

ASUS A412
Pengennya dipegangin terus, biar keturutan punya

Sebuah pertanyaan yang aku pikir cukup salah untuk ditanyakan. Karena apa? VivoBook Ultra A412 ini ternyata punya gelar “World’s Smallest Colorful 14-inch Ultrabook”. Dengan panjang 32cm dan lebar 21cm, ASUS mampu memberikan layar berukuran 14-inch yang membuat laptop ini terlihat seperti laptop 13-inch.

Layar dengan Warna Nge-Jreng dan Bezel Tipis

Peacock Blue VivoBook
VivoBook warna Peacock Blue (Foto oleh ASUS)

Dengan bezel yang tipis hanya 5.7mm VivoBook Ultra A412 ASUS ini sudah memiliki webcam, dan juga layar seukuran 14-inch. Dengan layar widescreen 16:9 ini dan 87% screen-body-ratio, layar dengan teknologi NanoEdge Display ini mampu menghadirkan warna yang terasa begitu vibrant dan cerah! cocok buat aku yang suka nonton Netflix dan chill, sekedar nonton YouTube, atau bahkan untuk desain dan editing foto.

Kehadiran SonicMaster sebagai punggawa audio di laptop ini juga menambah nilai plus dalam penggunaan sebagai media entertainment.

Ringan, terlihat cantik dan Compact! 

ASUS VivoBook Ultra A412
Dibawa untuk perjalanan bisnis pun cukup ringan!

Buat saya yang memang suka kemana-mana dengan Messenger Bag, dan terkadang menggunakan sepeda pancal, ringan dan compact adalah sebuah keharusan. Dan VivoBook Ultra A412 ini ternyata ringan banget! cuman 1,5kg dan compact bisa masuk di tas Messenger Bag aku.

Pilihan Warna Vivobook
Pilihan Warna Vivobook (Foto oleh ASUS)

Dengan berbagai macam pilihan warna, aku paling suka dengan yg warna biru, yang kebetulan ada di demo acara kemarin, Peacock Blue itu namanya, berwarna biru dengan siluet seperti warna ungu, bikin pede kalau semisal lagi mood buat ngerjain di cafe-cafe hits kekinian hehe.

Laptop tipis, emang enak buat ngetik?

Peacock Blue VivoBook Ultra A412
Tampilan Keyboard (Foto dari ASUS)

Eits.. laptop ini memang tipis, tapi pas aku cobain di demo kemarin, ternyata keyboard dengan desain chiclet keyboard ini cukup nyaman untuk mengetik, untuk saya yang terbiasa dengan Mechanical Switch Cherry MX Blue, ternyata desain chiclet ini cukup memberikan feedback yang memuaskan berkat key travel sejauh 1,3mm. Terasa nyaman untuk mengetik artikel yang cukup panjang ataupun coding rasanya.

Ergolift VivoBook
Ergolift VivoBook (Foto dari ASUS)

Selain keyboardnya yang nyaman, di VivoBook Ultra A412 ini juga ada teknologi bernama Ergolift, apa itu? jadi posisi belakang laptop akan naik 2 derajat sehingga sedikit miring kedepan sehingga mengetik jadi lebih nyaman seperti menggunakan keyboard dengan Palm Rest, dan juga membantu sirkulasi udara untuk pendinginan.

Apabila harus bekerja atau mengetik di ruang yang gelap atau remang-remang, keyboard pada laptop ini juga disertai dengan lampu backlit pada keyboard sehingga masih terlihat di kegelapan.

Apa laptop ini aman untuk menyimpan data sensitif?

VivoBook Ultra A412 Windows Hello
Tampilan Windows Hello

mas Danu Technical PR dari ASUS pun menunjukan betapa amannya laptop ini dengan proteksi sidik jari yang jelas akan jauh lebih aman dibandingkan password biasa, cukup menggunakan fitur Windows Hello dan mendaftarkan sidik jari kamu, dan Windows Hello pun bisa meng-akomodir hingga 10 user yang berbeda dalam 1 perangkat. Jadi ga perlu takut jadiin laptop ini sebagai laptop utama kamu untuk kegiatan bisnis atau pekerjaan kamu, karena dijamin ga bakal kebobolan deh.

mas Danu ASUS
mas Danu ASUS Indonesia Technical PR

VivoBook Ultra A412 Gimana Performa-nya?

performa vivobook
Performa VivoBook mumpuni untuk desain dan editing lho!

Pada awal-nya cukup skeptis juga dengan laptop tipis dan compact kayak gini bisa dapet performa yang wow, ternyata sekali lagi saya salah, laptop ini sudah mengusung prosesor Intel gen 8 yaitu i7-8565u dengan clock 4.6 GHz di 4 core dan 8 thread.

Selain itu, untuk kebutuhan grafis-nya VivoBook Ultra A412 ini sudah menggunakan dedicated GPU Nvidia GeForce MX250 yang sudah sangat cukup untuk nge-game ringan, editing foto, desain, dan editing video dasar.

Dengan dukungan konektivitas yang cukup banyak seperti USB Type-A, USB Type-C, HDMI dan port Audio 3,5mm. Kita juga tidak perlu membawa dongle tambahan sehingga bawaan pun semakin sedikit dan tidak mudah hilang. Dan tentu saja dukungan Wi-Fi dan juga Bluetooth 4.2 tidak ketinggalan sebagai pelengkap laptop compact serba bisa ini.

Laptop kecil begini buat kerja mobile? Batrenya emang kuat?

Dengan ukuran laptop sekecil dan setipis ini sih, katanya bisa kuat hingga 3,5 jam. Menurut saya itu sudah sangat cukup untuk laptop seperti ini, lagipula laptop ini juga sudah disematkan teknologi fast charging, dalam waktu 49 menit saja, kita sudah bisa mendapatkan 60% dari kapasitas baterai dari VivoBook Ultra A412.

“Graha katanya menang Lomba?”

VivoBook Ultra A412
Ini foto yg terpilih dan bikin aku dapet voucher. Lebih tipis daripada pensil kan?

Iya, senang sekali rasanya, jadi di akhir acara diadakan selfie competition bersama VivoBook Ultra A412 ini, dan kebetulan salah satu fotoku terpilih menjadi salah satu pemenang (walaupun bukan pemenang utama) dan dapet Voucher Carrefour 200rb, big thanks to nengbiker yang udah motoin dan maksain walaupun saya malu-malu hehe.

Spesifikasi VivoBook Ultra A412

CPU

  • Intel Core i3-8145U
  • Intel Core i5-8265U
  • Intel Core i7-8565U

Penyimpanan

512GB M.2 PCIe Gen3X2 NVME SSD

Layar

14inch 16:9 LED Backlit FHD (1920×1080), Anti-Glare, NTSC 45%

Input/Output

  • 1x USB 3.1 (Gen 1) Type C
  • 1x USB 3.1 (Gen 1) Type A
  • 1x USB 2.0 Type A
  • 1x HDMI
  • 1x Audio Jack
  • 1x MicroSD Card Reader

Konektivitas

Dual-band 802.11ac Wi-Fi (2×2), Bluetooth 4.2

Berat

1.5Kg

Warna

  • Transparent Silver
  • Slate Grey
  • Peacock Blue
  • Coral Crush

RAM

  • 4GB DDR4 RAM
  • 8GB DDR4 RAM

OS (Operating System)

Microsoft Windows 10

Grafis

  • Intergrated Intel HD Graphics 620
  • Nvidia GeForce MX250 2GB GDDR5 VRAM

Kamera

HD Web Camera

Audio

Sonic Master audio, Array Microphone

Baterai

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion Battery

Dimensi

32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.95 (H) cm

Garansi

2 Tahun Garansi Global

Harga Mulai Rp 7.599.000

Recent Comment