manfaat blog di tahun 2020

3 Manfaat Blog yang Harus Kamu Ketahui di Tahun 2020

Kamu punya Blog? Belum? Sudah tahu belum manfaat punya blog di tahun 2020?

Manfaat blog, pasti banyak yang berfikiran bahwa salah satu manfaat blog di Internet adalah satu-satunya sebagai mesin pencari uang melalui iklan.

Itu benar

Di tahun 2012, tidak di tahun 2020 ini.

Tidak salah apabila ada orang (atau bahkan kamu) yang memanfaatkan blog hanya sebagai mesin pencari uang. Cuman, seringkali, banyak orang yang menurut aku secara etis kurang baik. Hanya menganggap pengunjung blog sebagai sebuah angka yang menentukan pendapatan mereka.

Iya, aku pernah ada di lubang itu, sejak dulu aku selalu tertarik dalam menulis dan ngeblog. Nah di tulisanku kali ini, aku akan membahas 3 manfaat blog di tahun 2020 ini yang harus kamu ketahui.

Oh iya sudahkah kamu membaca 5 Tips Produktif Bekerja di Rumah ?


Blog Adalah

Sebelum masuk ke pembahasan manfaat blog, mungkin aku jelaskan penjelasan singkat mengenai blog itu apa (yeah I look at you Gen Z).

Menurut penjelasan dari Wikipedia Mengenai Blog. Blog adalah sebuah website dimana konten yang ada dihadirkan dengan urutan konten terbaru ditampilkan paling atas. Konten blog ini biasa di referensikan sebagai blog post.

Biasanya blog dijalankan oleh seseorang (pribadi), atau kelompok kecil untuk menyampaikan informasi dengan gaya kasual. Tetapi, ada juga blog yang dibentuk dari perusahaan besar.

Manfaat Blog

1. Sebagai Tempat untuk Belajar Menulis dan Berkomunikasi dengan Efektif

Manfaat Blog untuk Berkomunikasi
Photo by Nick Morrison on Unsplash

Aku melihat ini berdasarkan pengamatan aku (tidak ilmiah) melalui YouTube. Ada banyak vlogger, atau YouTuber dari Amerika yang percaya diri untuk berbicara di ruang publik. Dalam hal blog pribadi atau jurnal mereka pun terlihat sangat bagus.

Tapi di Amerika berbeda dengan di Indonesia. Di lingkungan sekitar aku, masih sering aku jumpai orang-orang yang kesulitan dalam menulis, atau bahkan dalam mengobrol.

Mayoritas orang yang aku temui pun ketika melakukan komunikasi seperti presentasi, atau dalam hal menawarkan produk pun masih banyak yang kurang menguasai.

Terlihat dari gerak gerik dan mimik wajah yang menunjukan ketakutan dalam membuat kesalahan. Padahal, salah adalah salah satu proses dalam belajar. Dan berkomunikasi dengan baik adalah keahlian penting yang harus dikuasai di abad 21 ini.

Manfaat blog disini adalah, mengajari kita untuk menulis dan berkomunikasi dengan efektif. Tapi tidak sekedar memiliki blog.

Kerjakan selayaknya kamu punya perusahaan media. Biasakan menulis analisis dibanding fiksi, atau puisi. Dengan begitu kamu akan semakin ahli dalam berkomunikasi.

Dan manfaat lain yang aku rasakan dari kebiasaan ini adalah. Kamu mulai melihat dari sudut pandang yang lain, mungkin ini tidak ilmiah dan cenderung bias. Tapi, yang aku rasakan adalah dengan terbiasa menulis blog, otak kamu akan terbiasa untuk berfikir kritis. Dan ini membuat kamu menjadi manusia yang lebih baik.

2. Blog Sebagai Pondasi

Manfaat Blog sebagai Pondasi
Photo by Mirko Blicke on Unsplash

A Strong Foundation is The Key to Creating Long-Term Success

Michael Leonard

Menurutku Blog adalah sebuah pondasi. Entah jika kamu ingin menjadi pengusaha, freelancer desain grafis, atau pekerja kantoran. Blog adalah sebuah pondasi yang bisa menjadi panggung untuk personal branding mu.

2 contoh dibawah ini merupakan manfaat blog dalam mendukung karirmu.

Semisal, ada sebuah situasi dimana dua orang melamar pekerjaan dibidang Digital Marketing. Keduanya punya CV yang bagus, dan memiliki performa yang bagus di perusahaan sebelumnya. Jika aku menjadi HRDnya, otomatis aku akan mencari tahu apabila salah satu memiliki blog dan memiliki pengunjung yang banyak karena kontennya yang berkualitas. Tentu saja orang itu yang akan aku pilih.

Semisal lagi, kamu ingin membuat bisnis di tahun 2020 ini. Di langkah awal, kamu membuat blog yang mempelajari topik mengenai produk yang kamu jual. Maka kamu akan lebih memahami konsumen potensial kamu dan mencoba A/B testing sehingga konsumen potensial ini siap untuk menjadi konsumenmu ketika produkmu jadi.

Mengumpulkan audience adalah investasi terbaik yang bisa kamu lakukan untuk Brand kamu. Menurut penelitian 2020 B2B Research dari Content Marketing Institute dan Marketing Profs.

3 tujuan pemasaran konten yang berhasil dicapai dalam 12 bulan terakhir:

  • Membuat brand awareness (86%)
  • Mengedukasi pembaca (79%)
  • Membangun kredibilitas (75%)

Blog adalah investasi kamu di masa depan.

3. Belajar Sembari Mengedukasi

belajar sambil mengajar
Photo by NeONBRAND on Unsplash

Berdasarkan pengalamanku dan blogger-blogger yang aku kenal, tidak mengetahui sesuatu dan kemudian mendokumentasikan apa yang mereka pelajari secara publik terjadi secara alamiah. Ada banyak orang yang membuat blog dengan topik yang tidak mereka sepenuhnya pahami dan sembari belajar menggunakannya untuk belajar sembari mengedukasi yang lain.

Salah satu manfaat blog yang paling saya terapkan adalah ini. Belajar sembari mengedukasi dengan blog.

Teknik ini biasa dikenal dengan Feynman Learning Technique, cara belajar terbaik adalah ketika kamu juga mengajari yang lain, dan menjelaskan apa yang kamu pelajari dengan bahasa yang lebih sederhana.

Disini aku tidak menyarankan kamu untuk berbohong dan berpura-pura tahu akan segalanya. Pembaca kamu yang mau menyediakan waktunya untuk membaca, mereka pintar, mereka bisa mengenali kebohonganmu. Akan jauh lebih baik jika kamu jujur, terutama mengenai hal-hal yang tidak kamu ketahui sama sekali.

Kamu tidak perlu menjadi seorang ahli untuk memilih topik untuk blog kamu. Ada banyak orang yang jauh lebih ahli atau diatas kamu. Cukup dengan bersemangat tentang topik yang kamu bahas dan mencatat pengalamanmu belajar. Jujur, di era blog dengan judul-judul clickbait, aku rindu di era dimana blog ditulis untuk manusia, dan blogwalking adalah sebuah kegiatan :’)

Manfaat Blog Lebih Dari Ini

Ada banyak sekali manfaat blog yang ada selain dari ketiga manfaat blog diatas. Tapi, diatas adalah manfaat yang membuatku berani untuk membuat blog sendiri. Dan menurutku ketiga manfaat diatas merupakan manfaat blog paling memotivasi aku.

Mulailah membuat blog dari sekarang, jika kamu sudah mempunyai blog, terus manfaatkan blog kamu dan tetap berkreasi. Sudah berapa lama kamu ngeblog? dan manfaat apa saja yang kamu dapatkan dari ngeblog?

Artikel Lainnya
Smart TV Murah
Smart TV Murah tapi Nggak Murahan, TCL 32A5