5-manfaat-website-pribadi

5 Manfaat Website Pribadi: Tahun 2020 Wajib Tahu!

Tahun 2020 belum punya website pribadi? coba simak manfaatnya

Suatu hari seorang teman, sebut saja Kresna (bukan nama sesungguhnya) bertanya tentang membangun personal branding, kemudian dia bertanya, “Haruskah aku punya website pribadi?”. Inilah yang membuat aku terinspirasi membuat artikel tentang manfaat website pribadi.

Setelah sebelumnya membahas tentang 3 Manfaat Blog. Kali ini aku akan membahas tentang Manfaat Website Pribadi. Tidak hanya untuk bisnis saja, menurutku website pribadi itu penting, karena ini berkorelasi dengan personal branding dan eksistensi kamu di dunia digital.

Entah kamu ingin membuka jasa atau menjual produk, atau kamu ingin menjadi pekerja kantoran, website pribadi akan sangat bermanfaat buat kamu. Yuk langsung saja kita bahas manfaat website pribadi.

1. Manfaat Website Pribadi Utama Kamu Lebih Mudah Ditemukan di Internet

manfaat-website-pribadi
Website Pribadi kamu akan muncul diatas media sosial

Dengan memiliki website pribadi, kamu akan lebih mudah ditemukan di Internet. Entah itu HRD tempat kamu melamar kerja, atau orang lain yang sedang mencari atau membutuhkan jasa atau produk kamu. Karena dengan website, kamu bisa mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO) website kamu, dan mengimplementasikan teknik Digital Marketing.

Ketika orang mencari nama kamu di Google, mereka akan menemukan kamu dan website pribadi kamu. Tentunya ini akan menambah nilai lebih, terutama kalau kamu menggunakan domain dan desain website yang terlihat profesional.

2. Kamu Akan Terlihat Lebih Kredibel

Karena website pribadi akan berisi tentang pengalaman kerja, pendidikan, pengetahuan yang kamu miliki, dan portofolio, dalam hal ini website kamu kurang lebih akan sama dengan resume atau CV. Bahkan beberapa menganggap website pribadi adalah resume atau CV yang dinamis. Di website pribadi kamu, kamu bisa menunjukkan kelebihanmu dan memberi mereka alasan kenapa mereka harus menggunakan jasa, produk, atau memperkerjakan kamu.

Bagaimana Cara Membuat Website Terlihat Kredibel?

blog-kredibel
Apakah blog ini terlihat kredibel?

Tentu saja ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk membuat website pribadi kamu terlihat lebih kredibel. Dibawah ini beberapa poin untuk membuat website pribadi kamu lebih kredibel.

Ini merupakan opini pribadi dan akan bias
  • Usahakan menggunakan Domain dan Hosting berbayar untuk menambah kredibilitas website kamu.
  • Buat atau pilih Template atau Desain website yang terlihat profesional dan bagus. Walaupun ini sangat bias, tapi kamu bisa kok membedakan mana website asal-asalan dan tidak.
  • Buat halaman tentang kamu, dan beri Foto wajah kamu sehingga tidak ada kesan bahwa website ini bukan website pribadi dan penulisnya adalah anonim.
  • Tambahkan halaman yang menunjukkan cara menghubungi kamu, bisa berupa e-mail kamu, atau media sosial kamu.
  • Tambahkan tautan atau link Media Sosial yang kamu miliki
  • Pastikan website pribadi kamu selalu terupdate. Entah itu dalam bentuk konten blog, atau CV terbaru kamu
  • Pastikan tulisan kamu bebas typo dan hindari singkatan-singkatan yang tidak perlu.

3. Kemungkinan Lebih Tinggi Diterima Kerja

Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, website pribadi membuat kamu punya kelebihan yang membedakan kamu dengan kompetitor kamu dalam hal melamar kerja. Portofolio dan tulisan di website pribadi kamu bisa menjadi faktor yang mempengaruhi kesempatan kamu diterima kerja disebuah perusahaan.

56% HRD lebih tertarik dengan kandidat yang punya website pribadi, dibandingkan dengan platform lainnya. Tapi, hanya 7% kandidat yang punya website pribadi

Forbes

Berdasarkan artikel dari Forbes. 56% HRD lebih tertarik dengan kandidat yang punya website pribadi, dibandingkan dengan platform lainnya. Tapi, hanya 7% kandidat yang punya website pribadi. Dari tahun ke tahun, akan lebih banyak orang yang mulai menyadari ini, sebelum terlalu terlambat, sekarang waktunya kamu membangun personal branding kamu dengan website pribadi.

4. Kebebasan Berkreasi

desain-website-graha

Tidak seperti Media Sosial entah itu Facebook, Instagram, Twitter atau LinkedIn. Dengan website pribadi kamu bisa lebih berkreasi. Entah itu bio kamu, artikel yang kamu tulis, atau desain websitemu. Kepribadianmu bisa kamu ekspresikan lewat website kamu dan website pribadi kamu akan jadi duniamu yang baru di Internet.

Setiap elemen atau detail dari website kamu bisa menggambarkan personal branding kamu sebagai individu dan sebagai ahli di bidang kamu, jadi pastikan kamu memanfaatkan ini sebesar-besarnya. Menurutku, mengotak-atik website pribadi adalah salah satu hal yang mengasyikkan dan punya manfaat besar.

5. Return On Investment (ROI) Tinggi alias Hemat Biaya!

blog-gratis-wordpress
WordPress.com

Banyak orang mengira punya website itu mahal, padahal enggak. Walaupun aku gak rekomendasiin ini untuk website pribadi kamu, kamu bisa menggunakan website atau blog gratisan. Lebih baik pakai WordPress.com atau Blogspot.com, dibanding tidak punya sama sekali. Tapi akan lebih baik lagi kalau kamu pakai domain berbayar .com dan hosting tersendiri.

Berapa Biaya Pakai Domain dan Hosting Berbayar?

Domain dan Hosting sekarang punya kapasitas besar dan harganya semakin murah. Tapi jangan terlalu murah, tetap aja kamu harus pilih hosting yang terpercaya. Domain .com pada umumnya sekitar 100rb an, hostingnya mulai dari 10rb perbulan, murah kan?. Satu paketnya berkisar antara 200rb – 300rb an untuk pemula per-tahun, iya PER-TAHUN.

Tapi kan Desain Websitenya Belum Termasuk?

pilihan-template-wordpress
Template atau Desain Web yang bisa kamu pakai

Sekarang banyak orang yang memakai WordPress untuk websitenya (termasuk aku), selain karena penggunaannya mudah, tersedia banyak template atau desain gratisan yang bisa kamu pakai. Cari aja di Google ‘Template WordPress Gratis’ atau ‘Free WordPress Template’, ada banyak desain yang bisa kamu pilih.

Terus Kenapa Hemat Biaya?

Bayangin aja, dengan hanya bermodalkan 200rb – 300rb. Kamu punya website pribadi yang terlihat profesional, kredibel, dan bisa menjadi media kamu untuk menjual produk atau jasa kamu. Kalau dibandingkan dengan media tradisional lainnya seperti iklan tv, iklan radio atau koran, membuat website pribadi jauh lebih murah.

Kenapa Belum Punya Website Pribadi?

Diatas sudah aku tulis 5 manfaat website pribadi. Selama ini, kalau kamu belum punya website pribadi, apa sih alasan kamu? silahkan komen di kotak komentar dibawah ini. Dan kalau kamu punya pertanyaan seputar manfaat website pribadi juga bisa kamu tanyakan.

Artikel Lainnya
Apple Music atau Spotify
Apple Music atau Spotify di tahun 2019