Produktif Kerja Di Rumah

5 Tips Produktif Kerja di Rumah (WFH)

Last updated:

Produktif kerja di rumah, setelah terbiasa dengan kehidupan freelance (baca: Pengangguran), disini saya ingin berbagi tips work from home (WFH) yang saya pelajari selama masa freelance di rumah atau bekerja di rumah.

Banyak orang beranggapan bahwa kerja di rumah itu enak, justru yang saya alami, kerja di rumah itu jika tidak memiliki jurus jitu malah lebih berat di banding kerja di kantor. Mau makan ingat kerjaan, mau mandi ingat kerjaan, mau tidur pun teringat pekerjaan, belum suara ibu-ibu yang bergossip ria di depan rumah, suara kucing cari pasangan, dll. Mengatur waktu ketika kerja di rumah pun sulit, tidak seperti kerja di kantor, ketika jam pulang, ya waktunya pulang.

Dengan adanya pandemi Virus Corona (Oh iya sudah baca belum Virus Corona dan Mengapa Anda Harus Bertindak Sekarang) istilah kerja di rumah alias work from home ini pun semakin ramai, banyak yang terbiasa bekerja di kantor sekarang harus kerja dari rumah. Di awal-awal menikmati bekerja dari rumah, semakin kebelakang semakin banyak deadline yang tak terkejar? Dulu saya begitu, maka dari itu disini saya akan berbagi 7 Tips Produktif Kerja di Rumah.

Perhatian : Tips dibawah meskipun efektif untuk saya, belum tentu efektif untuk anda. Tetapi tidak ada salahnya mencoba dan menyesuaikan kemudian.

1. Bangun Pagi dan Memulai Hari

Bangun Pagi agar Produktif
Photo by Eduard Militaru on Unsplash

Berdasarkan sebuah penelitian (Happy as a Lark: Morning-Type Younger and Older Adults Are Higher in Positive Affect), bangun pagi dan ter-ekspos sinar matahari pagi, akan membuat anda menjadi lebih positif dan menjalani hari. Meskipun saya sendiri merasa saya adalah tipe orang malam (owl), tetapi setiap harinya saya selalu bangun pagi. Selain takut terkena omelan orang tua, ada sebuah pepatah mengatakan early bird gets the worm.

Berhubung pekerjaan saya waktu itu adalah seorang freelance atau bekerja di rumah, setiap pagi-nya sembari bermandikan matahari (karena posisi saya dalam menggunakan komputer menghadap jendela). Agar produktif kerja di rumah, setiap hari saya awali dengan membuat catatan To-Do List tentang apa saja yang harus saya selesaikan hari ini.

Kenapa di pagi hari? karena di pagi hari adalah situasi paling tenang di komplek saya, setelah terdengar adzan subuh, belum ada suara-suara yang mengganggu. Ini membuat saya bisa dengan tenang dan fokus membuat daftar pekerjaan yang bisa diselesaikan.

Produktif di Rumah dengan Aplikasi Ini

Berikut ini merupakan aplikasi / software yang saya gunakan untuk tetap produktif di rumah:

  • Trello
  • Evernote
  • Google Task
  • Todoist

2. Kenali Kapan Waktu Paling Produktif Anda

Produktif kerja di rumah, membutuhkan anda untuk mengenali kapan waktu bekerja paling fokus dan bersemangat, dan buatlah rencana bekerja disekitar waktu itu. Karena semangat adalah kunci bekerja di rumah agar bisa konsisten dalam mengerjakan pekerjaan di rumah atau bahkan dimanapun.

Produktif Kerja Dirumah Walaupun Tipe Night Owl

Contohnya, saya bisa dibilang tipe orang night owl, saya merasa jam bekerja saya paling efektif adalah diantara jam 9 malam hingga 12 malam. Saya memanfaatkan diantara jam itu untuk mengerjakan beban pekerjaan terberat. Di waktu siang hingga sore, saya manfaatkan untuk bersantai atau mempersiapkan pekerjaan yang ada untuk dikerjakan secara intensif di jam saya aktif, hal ini membuat saya produktif kerja di rumah.

Yang saya simpulkan disini adalah, anda bisa lebih produktif kerja di rumah apabila anda menghabiskan energi anda dengan bekerja secara nyaman dan fokus, dibanding menghabiskan energi anda untuk memaksa anda bekerja di jam bekerja efektif orang lain. Lebih baik fokus dalam jangka waktu yang spesifik, daripada fokus diantara pekerjaan yang anda lakukan. Dan selain itu anda bisa meniru saya dengan menyimpan dahulu pekerjaan yang berat, untuk dikerjakan di jam anda yang paling efektif.

3. Investasi Headphone

Headphone agar produktif
Photo by Jelle van Leest on Unsplash

Salah satu investasi yang paling saya banggakan adalah Headphone, bukan earphone. Selain saya merasa lebih rileks sembari mendengarkan lagu (yang membuat produktif kerja di rumah). Ya meskipun headphone saya kelas menengah dan tidak memiliki fitur noise-cancelling yang merupakan fitur yang bagus.

Kenapa ini penting untuk produktifitas kerja di rumah? karena di rumah, kita cenderung terpapar polusi suara yang lebih banyak, terutama ketika terjadi social distancing dan penghuni rumah lengkap dirumah. Suara knalpot bising dijalan, suara angin yang menderu-deru, suara keponakan yang berteriak atau anak anda, bahkan suara jam dinding pun terkadang terdengan dan cukup mengganggu.

4. Memisahkan Zona Kerja dan Zona Santai

Walaupun dengan keterbatasan ruang, tempat kerja (komputer) dan tempat santai (kasur dan tv) berada dalam satu ruangan, saya memiliki batas imajiner jelas antara zona kerja dan santai, walaupun sangat direkomendasikan berbeda ruangan untuk produktifitas kerja di rumah. Dengan begitu bagian spasial otak akan mengenali kapan waktunya bekerja, kapan waktunya bersantai. Jika anda bekerja di tempat yang berbeda-beda setiap hari, ini membuat otak anda harus melatih kembali untuk mengenali kapan waktunya fokus, kapan waktunya santai.

Dengan tips produktifitas bekerja ini, ketika duduk di kursi komputer pun langsung fokus, dan di kasur pun langsung ingin rebahan bawaannya :))

5. Tetap Bersosialisasi Agar Tetap Produktif Di Rumah

Photo by Mati Flo on Unsplash

Kita manusia, adalah makhluk sosial. Bersosialisasi dengan orang lain merupakan hal yang penting untuk kesehatan mental anda. Anda bisa memanfaatkan teknologi walaupun tidak bisa bertemu ketika pandemi virus Corona ini. Ada banyak pilihan yang bisa anda gunakan seperti LINE, Whatsapp PC, Skype, Zoom, Google Hangout, Facebook, dll. Dukungan positif anda perlukan untuk tetap bertahan melawan stress.

Tips Produktif Kerja di Rumah Apa yang Anda Lakukan?

Working from Home, alias kerja di rumah, merupakan sebuah tantangan, terutama untuk anda yang tidak terbiasa. Semoga badai pandemi virus Corona atau Covid-19 ini segera berlalu. Apakah anda memiliki tips lain menjadi produktif bekerja di rumah? Yuk berbagi disini

Artikel Lainnya
featured asus vivobook ultra a412
VivoBook Ultra A412 Launching dan Aku Menang Lomba