Algoritma-Instagram-2020

4 Kunci Algoritma Instagram 2020 yang Harus Anda Ketahui

Apa saja sih kunci algoritma Instagram?

Algoritma Instagram 2020, banyak pakar-pakar marketing media sosial yang bilang bahwa untuk tetap relevan di Instagram, kita harus nge-cheat algoritma Instagram, rahasia algoritma Instagram, dll.

Sebelum kita membahas lebih jauh, apa sih algoritma Instagram itu?

Yang dimaksud dengan algoritma Instagram adalah sebuah rumus Instagram untuk menentukan post mana yang akan ditampilkan pada halaman feed orang-orang ketika mereka membuka Instagram.

Seiring waktu, algoritma ini akan terus berkembang dan terus berubah melalui teknologi machine learning berdasarkan data-data baru yang mereka terima.

Layaknya platform media sosial pada umumnya, Instagram berusaha untuk mempelajari tatanan feed yang terbaik untuk setiap penggunanya. Oleh karena itu, konten yang terus membuat pengguna aktif di Instagram, membuat konten tersebut masuk pada halaman explore alias ditampilkan di lebih banyak pengguna lainnya.

Sangatlah penting untuk memahami bagaimana algoritma Instagram bekerja.

Kunci Algoritma Instagram 2020

Berdasarkan penjelasan dari Julian Gutman seorang product lead dari Instagram tahun 2018, ada 6 hal yang mempengaruhi bagimana seseorang melihat sebuah konten di feed mereka.

Interest (Ketertarikan)

algoritma-instagram-2020

Algoritma Instagram 2020 akan berusaha untuk memprediksi konten seperti apa yang paling anda sukai.

Feed Instagram anda tidak hanya berdasarkan siapa saja yang anda ikuti, tetapi juga dipengaruhi oleh apa yang anda sukai.

Jika Instagram berfikir bahwa anda mungkin akan menyukai konten seperti X katakanlah, maka semakin tinggi kemungkinan konten X muncul di halaman feed anda. Prediksi ini akan terus berubah seiring dengan perilaku anda di Instagram, termasuk dengan interaksi anda sebelumnya, sejarah pencarian, dan variabel-variabel lainnya.

Sebagai Brand, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Dalam hal performa sebuah konten, algoritma Instagram 2020 ini akan semakin memprioritaskan konten dengan engagement tinggi.

Engagement yang diukur disini adalah komentar, like, dan share.

Anda harus selalu memantau mana konten yang memiliki metrik tinggi, dari metrik ini anda bisa menentukan konten seperti apa yang disukai follower anda. Membagikan ulang konten ada di stories juga membantu visibilitas konten anda dengan membantu follower yang ketinggalan konten anda di Feed bisa melihat konten tersebut.

Relationship (Hubungan)

algoritma-relationship-instagram

Instagram akan memprioritaskan konten dari keluarga, teman, dan orang lain yang dekat dengan anda.

Jadi contohnya…

Jika anda berkomentar sering berkomentar pada konten Instagram seseorang atau di-tag oleh mereka, ini memberi tanda Instagram bahwa mungkin akun tersebut termasuk dalam kategori teman atau keluarga.

Thomas Dimson yang merupakan Software Engineer di Instagram juga membagikan beberapa kunci yang membantu algoritma Instagram untuk menentukan siapa yang dekat dengan anda berdasarkan:

  • Orang yang sering anda DM
  • Akun yang sering anda cari di kotak pencarian
  • Akun yang sering anda like
  • Seseorang yang anda ketahui di dunia nyata, dan di tag dalam foto/stories dengan mereka

Sebagai Brand, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Disinilah pentingnya anda membuat brand anda dekat dengan follower anda. Ketika seseorang melihat konten anda, tetapi tidak melakukan interaksi, ini memberi tanda pada Instagram bahwa orang tersebut tidak tertarik dengan apa yang anda tawarkan.

Inilah kenapa mempersonalisasikan sebuah brand itu penting

Mulailah membangun sebuah komunitas. Ini bisa anda lakukan dengan merespon komentar atau pertanyaan di Post anda, merespon pertanyaan melalui Story, dll. Instagram adalah platform dimana Brand anda bisa berinteraksi dengan customer layaknya berinteraksi dengan teman dan keluarga.

Ini juga alasan kenapa sebuah brand harus konsisten dalam membuat konten, selain membuat brand anda semakin diingat, meningkatkan engagement, dan memberi anda kesempatan untuk dilihat oleh audiens yang lebih luas.

Beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan engagement Story adalah dengan membuat sesi Q&A, Polling, Share Post, dll.

Timeline

algoritma-timeline-instagram

Algoritma Instagram 2020 ini lebih menitik beratkan pada konten paling relevan yang terbaru. Ini artinya post yang terbaru cenderung ditampilkan pada Feed pengguna. Jadi, sangatlah penting untuk posting konten anda pada waktu dimana mayoritas Follower anda aktif.

Sebagai Brand, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Menentukan waktu terbaik untuk Posting konten anda sangatlah penting. Ini akan membantu konten anda untuk mendapatkan Reach dan Engagement terbaik. Dengan melihat data Activity pada akun bisnis brand anda, anda bisa melihat kapan waktu terbaik dimana mayoritas Follower anda aktif.

Frekuensi

frekuensi-instagram

Algoritma Instagram 2020 akan selalu menunjukan konten terbaik dan paling populer dalam Feed pengguna. Jika seseorang sering membuka Instagram, maka Feed mereka akan semakin ‘berurutan’ karena Feed mereka akan berisi konten terbaik yang belum ditampilkan di Feed yang sebelumnya mereka buka.

Faktanya, 42% pengguna Instagram membuka aplikasi ini berkali-kali dalam sehari. Sedangkan bagi mereka yang jarang membuka Instagram, maka Feed mereka hanyalah berdasarkan mana yang Instagram pikir konten terbaik dan tidak berurutan.

Sebagai Brand, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Meskipun sebuah Brand sebisa mungkin harus posting sesering mungkin, tetap anut kualitas diatas kuantitas. Konten yang banyak pun tidak begitu berguna apabila performanya buruk. Oleh karena itu, Brand anda di Instagram harus lebih memahami konten seperti apa yang disukai Follower anda. Sehingga anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

Strategi Instagram 2021

Jadi sebenarnya, 4 kunci algoritma Instagram diatas ini cukup kok. Terutama jika anda ingin benar-benar membangun brand anda di Instagram. Sebagai panduan, anda juga bisa membaca artikel sebelumnya yaitu Membuat Rencana Marketing Media Sosial Mulai dari 0.

Ingat, tujuan kita di Instagram adalah untuk memperluas audiens manusia, bukan robot!

Apapun strategi yang anda adopsi untuk meningkatkan performa Instagram brand anda di 2021, dengan benar-benar memahami dan mengimplementasikan 4 algoritma dasar Instagram menurut saya pribadi cukup.

Jangan lupa, tetap berinteraksi dengan audiens anda adalah prioritas tertinggi, manfaatkan semaksimal mungkin kesempatan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan follower anda, secara online maupun offline.

Artikel Lainnya
5-manfaat-website-pribadi
5 Manfaat Website Pribadi: Tahun 2020 Wajib Tahu!