Apa Itu Personal Branding? Anda Harus Tahu 6 Manfaat Personal Branding Ini

Apa sih Personal Branding? Haruskah punya Personal Branding di Era Digital?

Last updated:

Banyak yang masih bingung dengan apa itu personal branding, saya pun terinspirasi untuk menulis tentang artikel ini pun karena seorang teman bertanya mengenai topik ini. Banyak yang beranggapan brand hanya terikat pada merk bisnis atau produk tertentu, inilah yang banyak membuat bingung orang dengan konsep brand personal.

Sebelum anda membaca lebih jauh tentang apa itu personal branding, sudahkah anda mengetahui Perbedaan Brand, Brand Identity, dan Branding?

Nah, pada artikel ini saya akan membahas panduan lengkap tentang personal branding (Haha, like always, expect it to be a long one.)

Jadi Apa Itu Personal Branding?

Personal branding adalah persepsi orang lain terhadap anda. Entah anda menyadari atau tidak, brand ini akan melekat dengan anda. Terlebih di era digital ini, coba ketik namamu di Google, apa yang akan muncul? apakah hasilnya positif? apakah antar media sosial yang muncul seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, dll. konsisten dalam mendeskripsikan anda? itulah kenapa di era digital ini sangatlah penting. Karena ini juga saya menuliskan 5 manfaat website pribadi yang bisa anda gunakan untuk membangun brand personal anda.

Jadi pertanyaannya adalah, apakah anda akan membiarkan reputasimu mengalir begitu saja tanpa filter atau anda ingin memfilter mana yang mendeskripsikan anda yang akurat dan tidak? Dengan segala hal yang serba online ini, terutama jejak digital Internet yang kejam, perlu untuk memasarkan personal brand anda di Internet dan menganggap serius tentang personal branding.

Tahu Jeff Bezos? founder dari Amazon punya quote yang terkenal dan cukup jelas mengenai ini.

Your brand is what other people say about you when you’re not in the room.

Jeff Bezos

Apa beda Brand Personal dan Brand Bisnis?

personal-branding-vs-business-branding

Bisnis atau perusahaan menjual produk. Dan anda juga sebenarnya menjual sesuatu, anda, saya, kita semua menjual diri kita setiap hari. Kita menjual diri kita melalui kemampuan yang kita miliki, dan jasa yang kita sediakan. Bahkan anda juga bisa menerapkan Digital Marketing dan strateginya anda dalam membangun brand personal anda.

Personal branding adalah mempromosikan anda sebagai individu, sehingga anda bisa melakukan diferensiasi produk atau jasa yang anda sediakan kepada khalayak umum. Contohnya, saya, selalu memposisikan diri sebagai Pemilik, dan kepala divisi marketing perusahaan bernama Graha Nurdian.

Apa Saya Harus Punya Personal Branding?

Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, suka atau tidak, anda sudah punya brand personal. Kalau anda tidak suka dengan ini, mau tidak mau brand anda punya pengaruh banyak dalam hidup anda, kecuali anda tidak ingin bekerja, tidak ingin membuka bisnis, atau punya uang yang gak habis 7 turunan. Selain itu, untuk menghilangkan 100% jejak anda diinternet itu hal yang sangat mendekati mustahil, karena privasi adalah priviledge orang-orang tertentu.

Personal Branding itu Berbohong?

Oh tidak ferguso, Personal Branding adalah alat. Anda bisa saja berbohong, ibarat sepandai-pandainya menyimpan bangkai, pasti akan ketahuan juga. Bisa saja anda membangun brand personal dengan kebohongan, tapi ini tidak akan efektif kalau tidak mencerminkan diri anda, selain itu kalau ketahuan, brand bohong ini akan tetap melekat di anda. Lagian, buat apa sih menjadi seseorang yang bukan anda?

Apa Saja Manfaat Personal Branding?

manfaat-personal-branding

Membangun personal branding itu butuh waktu yang lama, dan usaha yang tidak sedikit. Dengan proses yang tepat, anda bisa mendapatkan banyak manfaat, entah itu secara personal dan karir, ini bisa membantu anda membuka banyak pintu kesempatan di masa depan.

Membantu Anda Terlihat Lebih Menonjol Dibanding Kompetitor

Personal branding adalah alat yang bagus untuk menunjukkan kemampuan dan pengetahuan yang anda miliki mengenai topik atau bidang tertentu.

Ketika seseorang mencari namamu di Google, dan ada si X yang punya personal brand dan eksistensinya di Internet lebih baik daripada anda, dari luar si X bakalan punya first impression yang lebih bagus daripada anda. Menurut survei tahun 2018 dari Career Builder 70% HR memakai Media Sosial untuk memfilter kandidat dalam proses rekrutmen kerja, dan 43% menggunakan Media Sosial untuk memantau pekerjanya.

Membangun brand anda adalah kesempatanmu untuk menunjukan kepada orang-orang apa yang anda ketahui dan kenapa anda bisa tahu itu, dan ini akan membantu membedakan anda dibanding kompetitormu yang mungkin masih bertanya-tanya apakah brand personal itu penting.

Mendapatkan Koneksi yang Lebih Luas

Dengan brand personal yang kuat bisa membantu anda membangun koneksi dengan orang-orang dari berbagai bidang. Personal branding tidak hanya terbatas dalam dunia Internet, tetapi di dunia nyata juga.

Ketika anda dikenal sebagai seseorang yang menguasai bidang tertentu, selain anda masuk dalam radar orang lain dalam bidang yang sama, anda juga akan mendapat perhatian dari orang lain dari bidang yang berbeda.

Membangun Kredibilitas

Personal branding membantu orang lain mengenali lebih jelas apa bidang yang anda kuasai. Apa yang anda lakukan, dimana ini sejalan dengan brand anda, akan mem-validasi bahwa anda bisa dipercaya dan menunjukan bahwa anda kredibel. Entah anda melamar sebuah pekerjaan, atau untuk mempersiapkan karirmu di masa depan, seseorang akan mencari namamu lewat Google atau Media Sosial.

Beberapa orang mungkin akan lebih memilih orang yang terlihat di Internet, atau mungkin ingin memastikan kalau anda tidak punya reputasi yang negatif di Internet. Bagaimanapun juga, lebih baik untuk mengendalikan hasil pencarian yang muncul di Google daripada pasrah dengan hasil yang ada sekarang.

Mengembangkan personal branding adalah cara yang baik untuk menunjukan calon bos anda bahwa anda telah berusaha untuk membangun brand anda.

Menambah Kepercayaan Diri

Sambil membangun brand personal anda, anda bisa menambah kepercayaan dirimu juga lho. Dalam prosesnya, anda akan mengenali mana strength yang anda miliki dan bisa anda bagikan ke khalayak umum. Ketika anda mengetahui apa yang bisa anda tawarkan, kepercayaan dirimu juga akan meningkat.

Dengan personal branding yang matang, anda bisa menekankan pada apa kelebihan anda dan memberi tujuan yang jelas kemana dan dimana anda bisa menggunakan kemampuan anda ini. Selain itu, anda juga bisa mengenali apa kelemahan anda, dan bisa sesegera mungkin untuk memperbaiki kelemahanmu.

Menunjukkan Keahlian Anda

anda harus fokus dan menguasai keahlian tertentu. Ketika seseorang bertanya apa yang bisa anda lakukan, jawabanmu harus dengan jelas mendeskripsikan apa yang bisa anda lakukan. Jangan dijawab dengan “tergantung butuhmu”, karena orang akan bingung.

Anda punya kombinasi unik dari kepribadianmu, pengalaman hidup, dan pengalaman kerja yang menjadi pondasi dari menentukan keahlianmu. Untuk dikenali orang bidang apa yang anda kuasai, anda harus mengenali secara spesifik keahlian anda atau segmentasi pasar yang anda kenali dan anda nikmati dalam melakukannya.

Menjadi Lebih Fokus

Mungkin seperti yang orang lain alami, anda sibuk dan tidak punya banyak waktu. Dengan personal branding anda bisa menjadi lebih fokus, anda akan punya pemahaman yang lebih dalam tentang siapakah anda? apa yang bisa anda lakukan? bagaimana anda ingin memanfaatkan bakat anda? dan yang menurutku penting, anda bisa mengenali apa yang tidak anda inginkan dalam hidupmu.

Memanfaatkan personal brand sebagai filter, membuat anda bisa mengenali mana kesempatan yang perlu anda kejar, dan mana yang tidak. Ini membuat anda bisa lebih memfokuskan energi anda dan menentukan mana yang penting untuk anda.

Jadi Personal Branding itu Penting?

personal-branding-penting

Jelas, Personal Branding sangatlah penting. Selain punya banyak manfaat, juga bisa membantu anda dan karirmu. Mulai dari koneksi yang lebih luas, kredibilitas, membantu dengan kepercayaan diri anda, menunjukkan keahlian anda, dan membuat anda menjadi lebih fokus. Membangun Branding anda juga tidak butuh waktu yang sedikit, segeralah memulai, mumpung masih banyak yang belum sadar pentingnya personal branding.

Bagaimana dengan anda? sudahkah anda memulai personal branding anda? atau andapunya manfaat yang lainnya? yuk diskusi di kotak komentar dibawah.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya
Bagaimana Cara Kerja Google?
Bagaimana Cara Kerja Google? Panduan Lengkap Cara Kerja Mesin Pencari (2021)