apa-itu-seo

Apa itu SEO? dan Kenapa SEO itu Penting

Panduan lengkap tentang apa itu SEO dan alasan kenapa SEO itu penting

Last updated:

Mungkin kamu udah baca di Digital Marketing itu Apa? atau bahkan kamu sudah tahu sekilas tentang SEO cuman ingin belajar lebih dalam tentang Apa itu SEO atau Search Engine Optimization. Di panduan yang akan jadi super duper panjang ini, aku bakalan nulis tentang panduan dasar SEO, dan penjelasan kenapa SEO itu penting. Artikel ini bisa menjadi pondasi dasar dalam pemahaman kamu tentang SEO dan bekal untuk mempelajari SEO lebih dalam.

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization. Adalah cara untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari pengunjung website, dan juga eksposur brand melalui melalui hasil pencarian yang gratis (juga dikenal sebagai ‘organik’).

Meskipun memiliki kata Search Engine, sebenarnya SEO lebih dominan membahas tentang perilaku manusia dalam menggunakan mesin pencari. Apa jawaban yang dicari?, kata-kata yang dipakai?, dan jenis konten yang banyak dicari?. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini kamu bisa terhubung dengan orang-orang yang mencari lewat mesin pencari dan menawarkan solusi.

Jika mengetahui tujuan audiens adalah satu sisi dari SEO, di sisi lainnya adalah bagaimana membuat robot mesin pencari (crawler) bisa menemukan dan merekomendasikan konten kamu. Di artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara melakukan keduanya.

Mengenal Mesin Pencari (Search Engine)

halaman-utama-google
Halaman Utama Google

Mesin pencari adalah mesin yang bisa menjawab pertanyaan. Mereka menjelajah miliaran konten di internet dan mengevaluasi ribuan faktor yang menentukan mana konten yang cenderung menjawab pertanyaan yang diajukan si pencari.

Mesin pencari melakukan ini dengan menemukan dan membuat katalog semua konten yang tersedi di Internet (Website, Gambar, PDF, Video, dll.) lewat proses yang dikenal dengan “crawling dan indexing“, dan kemudian mengurutkannya dalam bentuk “ranking” berdasarkan seberapa akurat konten tersebut dalam menjawab pertanyaan yang diajukan.

Apa yang Dimaksud Dengan Hasil Pencarian Organik?

Seperti yang saya tulis diatas, hasil pencarian organik adalah kunjungan yang didapatkan lewat SEO, bukan hasil membayar (Google ads atau Periklanan PPC). Untuk mengenali ini sangat mudah, karena mesin pencari selalu dengan jelas menunjukkan mana yang merupakan hasil iklan, mana yang merupakan hasil organik.

halaman-serp
Contoh Halaman SERP

Halaman hasil pencarian mesin pencari dalam ilmu SEO disebut SERP (Search Engine Result Page, kita akan pakai akronim ini untuk mempermudah pembahasan). Beberapa hasil dari SERP berbentuk ‘featured snippets’ (atau kotak jawaban), kotak Orang Lain Juga Mencari, Video terbaru di Youtube, dll. Fitur-fitur SERP ini akan terus muncul seiring dengan kebiasaan orang dalam memakai mesin pencari.

contoh-featured-snippet
Contoh Featured Snippet Cuaca

Contoh, kalau kamu mencari di Google “Cuaca di Kota Malang”, maka kamu akan melihat prediksi cuaca kota Malang langsung di SERP daripada sebuah link menuju website yang memiliki prediksi cuaca kota Malang. Dan kalau kamu mencari “Cafe Malang” kamu juga akan melihat deretan cafe di Malang berdasarkan data dari Google Maps. Mudah kan mencari jawaban lewat mesin pencari?

contoh-featured-snippet-lokasi
Contoh Featured Snippet Lokasi

Tapi perlu diingat, sumber pendapatan mesin pencari adalah iklan. Tujuan mereka adalah mencari jawaban yang dicari, membuat penggunanya terus memakai mesin pencari, dan menjaga penggunanya untuk tetap di halaman SERP. Beberapa fitur SERP yang ada di Google itu organik dan dipengaruhi oleh SEO. Ini termasuk juga featured snippets dan pertanyaan yang relevan dengan yang orang lain cari (Kotak ‘Orang Lain juga Mencari’).

Perlu dicatat ada ada fitur lain dari mesin pencari, yang meskipun bukan iklan, tidak bisa dipengaruhi oleh SEO. Fitur-fitur ini biasanya berasal dari sumber data yang sangat dipercaya seperti Wikipedia, IMDb, dan WebMD.

Kenapa SEO itu Penting?

Walaupun iklan berbayar, marketing media sosial, dan platform internet lainnya bisa menghasilkan kunjungan ke website kamu, mayoritas dari kunjungan online didominasi hasil dari mesin pencari.

e-commerce-indonesia-tahun-2020

Berdasarkan report data e-commerce Indonesia 2020. Aktivitas persentase pengguna berusia 16-64 tahun, 93% menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi mengenai sebuah produk atau jasa. Maka dari itu, SEO ini sangat penting terutama buat kamu yang punya usaha untuk mengenalkan produk atau jasa kamu ke pasar yang lebih luas.

Hasil pencarian organik mencakup lebih luas, terlihat lebih kredibel, dan mendapat kunjungan lebih banyak dari iklan berbayar. Berdasarkan survei dari Clutch.co, dari responden mereka, hanya 33% atau 1/3 orang mengklik iklan berbayar dalam SERP, itupun karena iklan tersebut menjawab secara tepat apa yang mereka cari.

Singkatnya, SEO punya kemungkinan 2/3 atau 66% mendapatkan klik daripada iklan berbayar.

manfaat-seo
Rujukan dari Mesin Pencari dibandingkan Media Sosial

SEO juga salah satu kanal digital marketing yang apabila dilakukan dengan benar, akan terus membayar dividen selamanya. Kalau kamu menyediakan konten yang solid dan berhak untuk ada di ranking 1 dalam kata kunci tertentu, kunjungan ke websitemu akan terus meningkat, dibanding dengan iklan berbayar kamu harus membayar lebih banyak untuk mendapatkan lebih.

Algoritma mesin pencari semakin pintar, tapi mereka masih tetap butuh bantuan kita. Mengoptimasikan website kamu akan membantu mesin pencari mendapatkan informasi yang layak untuk di indeks dan ditampilkan di halaman SERP.

Perlukah Memperkerjakan Ahli SEO, Konsultan, atau Agensi?

Banyak faktor yang mempengaruhi ini. Tergantung target yang ingin kamu capai, keinginan kamu untuk belajar, dan seberapa rumit website kamu. Kamu bisa melakukan SEO kamu sendiri, atau mungkin kamu lebih memilih bantuan orang yang lebih ahli di bidang SEO. Apapun yang kamu pilih, itu terserah kamu.

Kalau pada akhirnya kamu membutuhkan jasa SEO, perlu dipahami kalau ada banyak penyedia jasa SEO atau konsultan SEO. Tapi, secara kualitas sangatlah bervariasi. Memilih ahli SEO atau konsultan yang bagus, bisa menghemat waktu dan uang kamu, karena teknik SEO yang salah justru bisa makin merusak website kamu daripada membuat website kamu semakin bagus.

White Hat SEO vs Black Hat SEO

White Hat SEO

White Hat SEO merujuk ke teknik dan strategi SEO yang mematuhi aturan dari mesin pencari, fokus utamanya adalah memberi nilai lebih ke pengguna mesin pencari.

Black Hat SEO

Sedangkan Black Hat SEO, merujuk ke teknik dan strategi yang mencoba untuk mengakali mesin pencari. Walaupun teknik black hat ini bisa juga dipakai, cara ini sangat beresiko untuk mendapat pinalti dari mesin pencari dan punya masalah etika. Saran saya jauhi teknik ini. Website yang terkena pinalti, terutama kalau ini website bisnis kamu bisa mengakibatkan bisnis kamu hilang dari mesin pencari. Hilang dari mesin pencari = hilang konsumen potensial = bisnis yang bangkrut. Ini adalah salah satu alasan juga untuk memilih ahli atau konsultan SEO yang bagus.

Mesin Pencari juga Punya Tujuan yang Sama dengan Praktisi SEO

Mesin pencari justru ingin membantu praktisi SEO untuk sukses. Justru, Google malah juga membuat panduan pemula SEO. Mereka juga suportif terhadap komunitas SEO. Konferensi Digital Marketing pun juga seringkali dihadiri pekerja dan representatif dari mesin pencari.

Walaupun pedoman SEO dari satu mesin pencari dan mesin pencari lainnya berbeda, prinsip utamanya sama, jangan coba-coba untuk mengakali mesin pencari. Bantu pengunjungmu untuk punya pengalaman online yang baik. Untuk melakukan itu, ikuti pedoman mesin pencari dan penuhi apa yang pengguna mesin pencari butuhkan.

Pedoman Mesin Pencari yang Sebaiknya Kamu Ikuti

Google Webmaster

Aturan dasar:

  • Buatlah sebuah konten dengan tujuan untuk manusia, bukan untuk mesin pencari
  • Jangan tipu pengunjung websitemu
  • Hindari trik yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari.
  • Buat website kamu unik, bernilai tinggi, dan menarik.

Hal-hal yang Harus Dihindari:

  • Konten yang dibuat secara otomatis
  • Berpartisipasi dalam tukar link
  • Membuat halaman dengan konten orisinil yang sedikit (dominan copy-paste)
  • Teks dan link tersembunyi
  • Halaman yang dibuat agar punya rank yang lebih baik untuk diarahkan ke website lain

Bing Webmaster

Aturan dasar:

  • Buatlah konten yang jelas, mendalam, menarik, dan mudah ditemukan
  • Buat judul yang jelas dan relevan
  • Link menuju website kamu adalah tanda popularitas dan Bing hanya mengapresiasi link yang tumbuh secara organik
  • Dibagikan lewat media sosial adalah sinyal positif yang bisa berpengaruh terhadap peringkat website kamu
  • Kecepatan website kamu penting, seiring dengan pengalaman pengunjung yang positif
  • Gunakan atribut alt pada gambar untuk membuat Bing memahami konten gambar tersebut

Hal-hal yang Harus Dihindari

  • Isi konten yang sedikit, halaman yang hanya menunjukan iklan afiliasi atau iklan.
  • Taktik backlink seperti membeli backlink, bertukar link, dll.
  • Struktur URL yang membingungkan
  • Menyembunyikan link dalam Javascript atau Flash
  • Kontek duplikat (hasil copy paste)
  • Penggunaan kata kunci secara berlebihan (Keyword stuffing)

Google Business

google-my-business
SEO Google My Business

Kalau implementasi SEO mu dipakai untuk bisnis kamu yang beroperasi secara lokal, entah itu toko, cafe, dll. Ini masuk kedalam daftar Google My Business. Untuk bisnis lokal seperti ini, Google juga punya pedoman tentang apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan.

Aturan Dasar:

  • Untuk memenuhi syarat dalam indeks Google My Business, kamu harus punya alamat fisik, dan kamu juga harus bertatap muka dengan konsumen kamu entah itu di lokasi kamu (toko/cafe), atau di lokasi konsumen (jasa tukang, dll.)
  • Data bisnis kamu juga harus jujur dan akurat. Termasuk nama, alamat, nomor telepon, website, kategori bisnis, jam buka tutup dan fitur lainnya.

Hal-hal yang Harus Dihindari:

  • Pendaftaran Google My Business yang tidak memenuhi syarat
  • Misrepresentasi informasi bisnis kamu. Termasuk dengan men-SPAM nama bisnis kamu dengan kata kunci jasa, lokasi, atau alamat palsu.
  • Pemberian review positif palsu di bisnismu atau review negatif palsu di bisnis orang lain

Memenuhi Kebutuhan Pengguna Mesin Pencari

Daripada kamu menghabiskan tenagamu untuk mengakali mesin pencari untuk mendapatkan peringkat yang tinggi, gunakan tenagamu untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pengguna mesin pencari. Ketika seseorang mencari sesuatu, mereka punya ekspektasi tertentu. Entah itu membeli sebuah barang, foto kucing lucu, dll. Konten yang diinginkan ini adalah “niat pengguna (user intent).”

apa-itu-seo
apa=Contoh menjawab pertanyaan pencarian

Ketika seseorang mencari dengan kata kunci “baju,” maksud mereka adalah mencari penjual baju, desain baju, baju bekas atau apa?

Dalam SEO, tujuan kamu adalah menyediakan jawaban terhadap pertanyaan pengguna dengan konten yang mereka inginkan.

Contohnya:

Informasi : Mencari informasi “Apa spesifikasi komputer terbaik untuk edit video 4k?”

Navigasi : Mencari website tertentu “Apple”

Transaksi : Ingin membeli suatu barang “Macbook Pro 2011 termurah”

contoh-featured-snippet-galeri
Contoh Featured Snippet Galeri

Kamu bisa mendapatkan sedikit gambaran apa yang dicari pengguna Google dengan mencoba mencari kata kunci tersebut via Google dan mengevaluasi halaman SERPnya. Contoh, kalau ada featured snippets seperti galeri foto, kemungkinan besar orang menggunakan kata kunci tersebut untuk mencari gambar.

Evaluasi juga konten apa yang kompetitor miliki di peringkat teratas dan tidak kamu miliki. Bagaimana kamu bisa memberi konten yang memiliki nilai lebih?

Menyediakan konten relevan yang berkualitas tinggi di websitemu akan membantu kamu untuk ada di peringkat atas SERP, dan yang lebih penting adalah, ini akan membantuk kredibilitas dan kepercayaan audiens online kamu.

Sebelum melakukan hal diatas, kamu harus memahami apa tujuan website kamu untuk mengeksekusi strategi rencana SEO kamu.

Ketahui Tujuan Website atau Klien Kamu

Setiap website itu berbeda, sediakan waktu untuk benar-benar memahami tujuan dari website kamu. Ini akan membantu kamu menentukan dimana area fokus SEO kamu, dimana untuk melacak konversi kamu, dan sebagai patokan perkembangan SEO website kamu.

Apa yang akan menjadi KPI (Key Performance Indicator – Indikator Kunci Performa) untuk menilai Return on Investment (ROI) SEO kamu? Dibawah ini adalah contoh-contoh indikator yang bisa kamu jadikan KPI dalam mengukur kesuksesan SEO kamu.

  • Download
  • Penjualan
  • Jumlah orang yang menghubungi
  • Jumlah pelanggan newsletter

And kalau bisnis kamu punya toko/cafe di Google My Business

  • Orang yang menelpon dari halaman GMB
  • Orang yang mengunjung website dari halaman GMB
  • Orang yang membuka rute menuju bisnis kamu dari halaman GMB

Disini kamu mungkin menyadari kenapa kok tidak ada indikator peringkat SERP dan jumlah pengunjung dalam daftar KPI?

SEO memang bisa membantu kamu untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dan pengunjung lebih banyak, tapi sebenarnya peringkat dan jumlah pengunjung bukanlah fokus utama dalam SEO. Peringkat tidak berguna kalau pengunjung tidak mengunjungi websitemu, dan jumlah pengunjung tidak berguna kalau itu tidak membantu kamu mencapai tujuan bisnismu.

Contoh kalau kamu punya website yang berjualan baju, mana yang akan kamu pilih:

  1. 1000 pengunjung harian dan 2 orang pembeli? atau
  2. 100 pengunjung harian dan 24 orang pembeli

Pasti yang ke dua kan? kalau tujuan website kamu berjualan baju bukan berita, sebaiknya targetmu adalah nomor 2. Sebelum serius mendalami SEO, pahami dulu tujuan website bisnis kamu, dan pakai SEO kamu sebagai alat untuk mencapai tujuan tersebut, bukan sebaliknya.

Artikel ini adalah bagian dari panduan lengkap tentang SEO. Saya harap dengan panduan ini anda bisa memahami secara detail tentang SEO sebelum masuk kedalam pembahasan SEO yang lebih teknis. Semoga artikel Apa itu SEO? ini juga bisa menjawab pertanyaan kamu.

Kalau ada yang ingin kamu tanyakan atau diskusikan, yuk kita diskusikan melalui kotak komentar dibawah.

Artikel Lainnya
rencana-marketing-media-sosial
Membuat Rencana Marketing Media Sosial Mulai Dari 0