featured-digital-marketing

Digital Marketing Itu Apa? Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Pelajari tentang Digital Marketing dan Strategi yang harus kamu ketahui disini

Perilaku belanja konsumen berubah pesat beberapa tahun ini, sekarang banyak konsumen yang memulai (biasanya juga mengakhiri) perjalanan belanja mereka, secara online, hal ini menunjukkan efektivitas dari Digital Marketing.

Pergeseran ini membuat semua bisnis yang menjual produk atau jasa, wajib mengimplementasikan Digital Marketing untuk bersaing di era modern ini, terlepas besar atau kecilnya bisnis tersebut.

Sangatlah penting bagi pemilik bisnis dalam memahami bagaimana cara Digital Marketing bekerja sehingga mereka bisa mengunakan alat atau kampanye digital yang sesuai untuk mencapai audiens yang mereka targetkan.

Oleh karena itu, disini aku akan menulis panduan digital marketing dan semua elemen didalamnya.

Dengan mengetahui apa dan bagaimana digital marketing bekerja, kamu bisa mengambil keputusan yang berhubungan dengan kampanye digital kamu.

Digital Marketing Adalah

apa-itu-digital-marketing

Digital marketing adalah sebuah cara untuk mempromosikan merk atau produk kamu secara online dan melalu kanal digital lainnya.

Bisnis pada umumnya, punya target segmentasi pasar yang ingin mereka capai, dan kehadiran digital marketing adalah untuk membantu bisnis-bisnis ini mencapat target konsumen mereka melalui internet dan media digital lainnya.

Ada berbagai macam teknologi digital yang digunakan perusahaan dan marketer untuk menyampaikan pesan mereka terhadap target audiensnya.

Selain website, sebuah bisnis mungkin juga menggunakan pay-per-click (PPC) dan banner, marketing e-mail, teknologi mobile sepert smartphone, media sosial, dan medium lainnya untuk menjangkau target konsumen mereka.

Digital marketing saat ini berperan penting dalam bisnis modern, karena kehadiran Internet punya peran signifikan terhadap keputusan beli konsumen. Internet juga memberi dampak terhadap bagaimana konsumen membeli produk atau jasa.

Ini membuat sangatlah penting untuk bisnis tidak hanya sekedar hadir secara online, tapi juga benar-benar terlihat di tengah hiruk-pikuk Internet.

Hari-hari dimana konsumen mencari lewat Google alamat toko dan nomor telpon untuk menanyakan secara detail mengenai produk kamu sudah lewat.

Sekarang, konsumen menggunakan Internet untuk mencari tahu informasi yang mereka butuhkan yang mempengaruhi keputusan beli mereka, meskipun mereka masih perlu untuk datang ke toko dalam membeli produk atau jasa tersebut.

Disinilah peran Digital Marketing hadir, untuk membantu bisnis kamu mencapai konsumen di fase manapun mereka dalam perjalanan belanja digital mereka.

digital-marketing-proses-perjalanan-konsumen
Ilustrasi alur perjalanan digital konsumen

Bagaimana Digital Marketing Bekerja Beserta Kanal Digitalnya

Sangatlah penting untuk kamu yang punya bisnis dalam memahami bagaimana cara kerja digital marketing, sehingga kamu bisa membuat keputusan yang lebih baik dalam menentukan kampanye digital.

Kunci dalam memahaminya adalah mengetahui semua elemen digital marketing, dan mengenali bagaimana masing-masing elemen ini mencapai target marketing.

Kita akan membahas masing-masing kanal digital yang bisa dipakai dalam strategimu dan menjelaskan bagaimana masing-masing kanal digital ini bisa kamu pakai dalam bisnismu.

Marketing Website

Website bisnis kamu adalah pilar penting dalam strategi digital marketing kamu. Disinilah dimana banyak target konsumenmu mendapatkan impresi pertama terhadap brand kamu.

Tergantung dari produk atau jasa yang kamu tawarkan, disinilah calon konsumenmu pada akhirnya akan berubah menjadi konsumen.

Tujuan dari digital marketing adalah untuk memikat, dan mengkonversi calon konsumenmu. Banyak taktik yang bisa kamu gunakan untuk mengarahkan mereka ke websitemu untuk mendapat informasi lebih atau melakukan pembelian.

kucing-lucu-ikucing
Contoh Website iKucing

Terkadang, website adalah satu-satunya kesempatan yang kamu punya untuk membuat impresi bagus terhadap calon konsumenmu. Karena alasan ini, kamu harus memperhatikan layout website kamu, begitu juga warna dan grafis yang kamu pakai dalam desain websitemu.

Faktanya, berdasarkan Adobe, 38% orang akan berhenti berinteraksi dengan sebuah website jika menurut mereka konten atau layoutnya tidak menarik.

pengaruh-desain
Sumber : Adobe

Tapi, tidak hanya penampilan website saja yang penting.

Karena website akan menjadi pusat dari berbagai macam kampanye digital marketing kamu, penting untuk mengoptimalkan desain untuk mengkonversi calon konsumen. Ini berarti membuat sebuah website yang mudah digunakan (UX) dan bisa dipahami dengan jelas untuk calon konsumenmu itu penting.

Selain itu, mengoptimalkan website kamu untuk diakses melalui smartphone juga tak kalah penting, selain pengguna smartphone yang dari hari ke hari semakin tinggi, aksesbilitas website kamu juga mempengaruhi Search Engine Optimization (SEO).

Berdasarkan data yang saya simpulkan di artikel E-commerce Indonesia Tahun 2019. 86% persen orang Indonesia pernah melakukan pembelian produk atau jasa melalui Internet. Didukung juga dengan 84% orang menggunakan Internet melalui smartphone mereka.

Inilah kenapa sangatlah penting bagi pemilik bisnis seperti kamu untuk mengoptimalkan konten digital, terlebih untuk diakses melalui smartphone. Karena disanalah letak calon konsumenmu.

Jika kamu tidak yakin website kamu efektif, mungkin sudah waktunya untuk memperkerjakan ahli desain web untuk mengembangkan dan mengoptimalkan desain website kamu.

Search Engine Optimization (SEO)

fungsi-seo
Data dari Forrester

SEO ini juga memiliki peran penting dalam digital marketing. Jika kamu ingin mencapai dan mengkonversi calon konsumen di era digital ini, kamu harus memulainya dari mesin pencari.

Studi terbaru dari Forrester menemukan bahwa 71% dari konsumen memulai perjalanan mereka untuk membeli produk atau jasa dari mesin pencari seperti Google.

Kalau kamu tidak mengambil langkah yang benar dalam mengembangkan SEO website kamu, maka kamu akan kelewatan kesempatan untuk mendapatkan calon konsumen dengan jumlah yang signifikan.

SEO adalah proses mengoptimalkan konten website kamu untuk tampil dalam mesin pencari.

Tujuan akhirnya adalah untuk masuk dalam halaman pertama hasil mesin pencari (Search Engine Result Page) untuk meningkatkan visibilitas kamu di calon konsumen kamu. Semakin tinggi ranking kamu dalam SERP, semakin banyak calon konsumen organik yang masuk ke website kamu.

Tidak hanya mendatangkan pengunjung ke website kamu, SEO juga membantu kamu mendapatkan pengunjung yang berpotensi menjadi konsumen kamu.

Tujuan dari digital marketing adalah menarik perhatian orang-orang yang membutuhkan produk atau jasa yang kamu sediakan, dan SEO memegang peran penting disini.

Dengan menekankan kata kunci dan topik yang termasuk dalam kontenmu, kamu bisa mendapatkan calon konsumen potensial yang tinggi kemungkinannya tertarik dengan produk atau jasa yang kamu sediakan.

Marketing Konten

pentingnya-konten

Marketing konten adalah strategi lain yang juga berperan penting dalam digital marketing.

Konten marketing adalah sebuah aset konten yang bisnis kamu buat yang bertujuan untuk menarik perhatian calon konsumen kamu. Aset konten ini bisa dibuat untuk berbagai macam tujuan, meningkatkan brand awareness, meningkatkan pengunjung website kamu, meningkatkan konsumen potensial, atau menjaga loyalitas konsumen.

Terserah strategi manapun yang kamu pakai dalam digital marketing kamu, kamu akan tetap butuh konten untuk mendukung strategi kamu. Ini bisa berupa ucapan singkat terima kasih yang kamu kirim lewat e-mail terhadap konsumen atau calon konsumen kamu. Atau bisa menjadi konten yang panjang seperti e-book atau artikel yang menjelaskan dan memberikan informasi panjang mengenai masalah calon konsumen kamu yang bisa diselesaikan dengan produk atau jasa kamu.

Dibawah ini adalah contoh-contoh macam marketing konten yang bisa kamu buat untuk mendukung kampanye digital marketing kamu:

  • Artikel Blog
  • Posting Media Sosial
  • E-books
  • Halaman Website
  • Testimoni
  • Studi Kasus
  • Video
  • Gambar
  • Infografis
  • Podcast
  • dan Iklan

Kunci dalam membuat konten bagus yang dapat mendukung kampanye digital marketing kamu adalah, memilih topik secara strategis yang paling menarik untuk audiens kamu.

Kalau kamu belum punya, pastikan lakukan riset terlebih dahulu mengenai target audiens kamu dan mungkin buatlah persona konsumen untuk mengetahui konsumenmu dengan jelas, dan mengidentifikasi konten seperti apa yang akan menarik buat mereka.

Marketing Media Sosial

Hampir semua brand sekarang menggunakan marketing media sosial untuk mendukung kampanye digital marketing mereka.

Marketing media sosial berhubungan dengan mempromosikan konten kamu dan berinteraksi dengan calon konsumen lewat kanal media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, dll.

Taktik ini dapat digunakan dalam digital marketing untuk membantu bisnis dalam meningkatkan brand awareness, meningkatkan konsumen potensial kamu, dan meningkatkan interaksi dengan konsumen.

Pengguna Sosial Media di Indonesia

Salah satu daya tarik marketing media sosial adalah, strategi ini bisa membuat bisnismu menjangkau audiens yang lebih luas secara online.

Contohnya, menurut data GlobalWebIndex Q2 dan Q3 2018, 92% pengguna media sosial Indonesia aktif dalam berinteraksi.

Kalau bisnis kamu tidak berusaha untuk menggapai dan berinteraksi dengan calon konsumen dalam platform media sosial ini, jelas kamu kehilangan banyak calon konsumen.

Tidak hanya sebagai strategi tersendiri, strategi marketing media sosial bisa menjadi strategi pendukung dalam strategi digital marketing lainnya.

Semisal, kalau brand kamu membuat sebuah artikel yang membahas tentang masalah target konsumenmu, maka kamu bisa menggunakan media sosial untuk mengarahkan mereka ke artikel tersebut.

Periklanan pay-per-click (PPC)

Meskipun tujuan utama dari digital marketing adalah untuk mendapatkan konsumen secara organik sebisa mungkin, bisnis kamu juga tidak boleh mengabaikan potensi dari iklan PPC.

Iklan PPC adalah model periklanan yang biayanya kita bayar setiap kali ada klik di iklan kita.

Contohnya adalah Google Ads, sebagai salah satu penyedia iklan PPC paling populer dan efektif. Google Ads membantu bisnis kamu terlihat di halaman utama hasil mesin pencari (SERP).

contoh-iklan-ppc

Mungkin kamu bertanya-tanya, buat apa aku mengiklankan lewat PPC kalau aku sudah mengoptimalkan SEO websiteku?

Meskipun Search Engine Optimization (SEO) itu penting, tapi butuh waktu yang lama dan usaha yang tidak sedikit. Disinilah keunggulan iklan PPC. Iklan PPC bisa membuat website kamu langsung muncul teratar dalam hasil pencarian mesin pencari berdasarkan kata kunci yang relevan.

Dengan muncul di halaman pertama, bisnis kamu akan semakin terlihat dan calon konsumen pun lebih cenderung mengunjungi website kamu.

Iklan PPC tidak hanya mendatangkan calon konsumen, tapi juga membantu kamu memastikan calon konsumen yang datang adalah konsumen potensial. Mereka yang meng-klik iklan PPC kamu adalah konsumen potensial yang mencari topik yang relevan degan produk atau jasa kamu.

Ini berarti mereka lebih mungkin untuk tertarik dengan brand dan produk atau jasa yang kamu sediakan.

Marketing E-mail

Marketing e-mail adalah bagian pelengkap dari digital marketing bisnis kamu.

Bisnis kamu bisa memakai e-mail untuk berkomunikasi dengan target audiens kamu. E-mail marketing biasanya digunakan untuk meningkatkan Brand awareness, mempromosikan event, dan memberi tahu tentang promosi diskon.

Konten dari marketing e-mail kamu tentu tergantung dari tujuan kampanye-mu.

Dibawah ini beberapa contoh konten marketing e-mail yang bisa kamu kembangkan untuk mendukung kampanye digital marketing bisnis kamu:

  • Mengirimkan konten promosi tentang diskon yang akan datang langsung ke inbox konsumen.
  • Mengirim Newsletter atau buletin rutin tentang update konten atau produk kamu
  • E-mail selamat datang untuk konsumen yang berlangganan newsletter kamu dan menjelaskan tentang apa yang mereka dapatkan dengan berlangganan newsletter bisnis kamu
  • Mengirimkan saran mengenai produk lain atau produk tambahan yang mungkin menarik untuk konsumen kamu.

Penting untuk dicatat kalau marketing e-mail pada umumnya tidak digunakan untuk mencari konsumen baru, tapi merawat atau menarik perhatian calon konsumen yang sudah menunjukkan ketertarikan terhadap produk atau konsumen kamu.

Marketing e-mail juga bisa kamu pakai sebagai strategi kampanye retensi konsumen kamu.

Berdasarkan eMarketer, 80% toko retail melaporkan marketing e-mail adalah salah satu strategi terbaik dalam meningkatkan retensi konsumen.

email-marketing
data dari eMarketer

Seperti strategi-strategi digital marketing lainnya, marketing e-mail tidak dipakai secara mandiri.

Memang, kamu bisa membuat newsletter bulanan untuk berinteraksi dengan calon konsumen potensial kamu atau mempromosikan diskon lewat e-mail.

Tapi.

Kamu juga bisa dan sangat direkomendasikan untuk menggunakan marketing e-mail untuk mendukung strategi kampanye seperti Marketing Konten dan Media Sosial.

Katakanlah kamu ingin mengadakan kontes media sosial sebagai sebuah cara untuk mendapatkan konsumen potensial, dan meningkatkan hype terhadap produk yang akan kamu launching.

Marketing e-mail bisa kamu pakai untuk mendukung kampanye media sosial ini.

Dengan memberitahu mereka yang berlangganan newsletter bisnis kamu kalau lagi ada kontes, kamu bisa membuat mereka untuk ikut berpartisipasi juga. Kamu juga bisa menambahkan link media sosial, kontes, dan website kamu untuk meningkatkan kunjungan ke platform kamu dan kontes kamu.

Kenapa Pendekatan Terintergrasi untuk Digital Marketing itu Penting

elemen-digital-marketing

Memahami bagaimana cara Digital Marketing bekerja tidak hanya sebatas mengenal strategi digital marketing yang bisa kamu pakai.

Sekarang.

Kamu sudah tahu berbagai macam strategi digital marketing dan memahami peran masing-masing strategi dalam kampanyemu, waktunya mendiskusikan bagaimana strategi marketing diatas bisa bekerja bersama-sama dan saling mendukung tujuan kampanyemu secara keseluruhan.

Pendekatan Digital Marketing terintegrasi adalah pendekatan marketing yang menggabungkan semua strategi digital marketing yang ada, untuk membuat pengalaman terbaik untuk target audiens-mu.

Dengan mengkoordinasikan pesan marketing lintas platform digital, dan menggunakan variasi strategi yang saling mendukung kampanye yang tersentralisasi, kamu membuat pesan brand yang lebih ter-unifikasi dan meningkatkan kesuksesan masing-masing kampanyemu.

Inilah titik dimana bagaimana menguasai digital marketing itu perlu.

Dalam membuat pendekatan digital marketing terintegrasi, kamu perlu mempertimbangkan bagaimana kanal digital bisa bekerja bersama-sama mencapai tujuan yang sama.

Semisal.

Kalau target marketingmu adalah untuk meningkatkan kunjungan website kamu, kamu mungkin perlu mempertimbangkan beberapa cara dibawah ini yang menggambarkan bagaimana strategi digital marketing yang berbeda bisa mendukung marketing website kamu:

  • Marketing konten di website bisnis kamu seperti di bagian halaman atau artikel blog untuk meningkatkan search engine optimization (SEO), sehingga membantu meningkatkan pengunjung organik ke website kamu.
  • Melakukan marketing media sosial dengan membagikan link di kanal media sosial kamu, sehingga audiensmu mengunjungi websitemu. Copywritting pesan di media sosial juga bisa membantu konversi kunjungan ke website kamu lebih baik.
  • Sambil mengembangkan konten marketing e-mail kamu, kamu bisa mencari cara baru untuk mengarahkan pembaca kamu ke bagian yang relevan dalam website kamu. Termasuk call-to-action (CTA) dalam website kamu dan link yang mengarah ke halaman yang bisa mengarahkan pengunjung dalam langkah selanjutnya di Perjalanan Digital konsumen kamu.
intergrasi-digital-marketing
Contoh Intergrasi Digital Marketing

Diatas adalah beberapa contoh bagaimana cara mengintergrasikan strategi digital marketing kamu untuk mencapai tujuan marketingmu.

Sembari membangun strategi pendekatan digital marketing terintegrasi, sangatlah penting untuk memastikan bahwa pesan yang kamu sampaikan tetaplah konsistem. Entah kamu membuat halaman website baru atau melakukan beberapa Tweet, gunakan suara brand yang sama untuk menciptakan pengalaman yang sama antar platform yang kamu gunakan kedalam pengalaman digital target audiens kamu.

Sekarang, kamu mulai paham tentang bagaimana digital marketing bekerja dan kenapa pendekatan digital marketing terintegrasi itu penting untuk bisnismu. waktunya untuk merencanakan kampanye digital marketing kamu selanjutnya.

Kamu punya berbagai macam strategi yang siap kamu pakai untuk membuat kampanye digital marketing terintegrasi yang efektif dan mendatangkan hasil.

Bagaimana Dengan Kamu?

Adakah strategi digital marketing diatas yang sudah konsisten kamu pakai?

Atau bahkan kamu sudah menerapkan digital marketing terintegrasi untuk bisnis kamu?

Coba share pengalaman kamu disini, dan mungkin kalau kamu ada pertanyaan lebih lanjut mengenai artikel diatas, bisa kamu tanyakan lewat kotak komentar dibawah.

Terima kasih sudah menyempatkan waktu kamu untuk membaca 🙂

Artikel Lainnya
micro-influencer
Micro-Influencer Sebuah Transisi Menuju 2019