e-commerce-indonesia-tahun-2020

E-Commerce Indonesia Tahun 2020. Era Digital Mendominasi

Lihat laporan data dan statistik E-commerce Indonesia Tahun 2020

E-commerce Indonesia tahun 2020. Tidak terasa kita sudah mencapai bulan Ramadhan di tahun 2020. Aku pribadi ingin mengucapkan Selamat Merayakan Bulan Ramadhan tahun 2020. Meskipun kita sedang ada ditengah pandemi Covid-19, semoga semuanya bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar serta diberi kesehatan.

Setelah sebelumnya aku sudah menuliskan artikel mengenai E-Commerce Indonesia di Tahun 2019. Kini saatnya kita move on ke tahun 2020. Beberapa data yang ada, diambil dari layanan yang disebutkan, Global Web Index, Statista, dll. Yang akan aku sebutkan dalam list dibawah ini.

Mengenai Sumber Data

Laporan ini menggunakan data dari berbagai sumber, termasuk penyedia data statistik, internet dan perusahaan media sosial, serta pemerintah. Karena pengambilan data dan metodologi yang berbeda dari badan-badan diatas, serta perbedaan periode pengambilan sampel, sepanjang laporan dibawah ini mungkin ada perbedaan signifikan untuk poin data yang sama, terlebih lagi, pada data survei. Sebisa mungkin, dalam laporan ini sumber data yang menyediakan cakupan geografis yang lebih luas akan di prioritaskan, untuk meminimalisir potensi variasi antar poin data, and menyediakan data yang lebih dapat diandalkan untuk sebagai perbandingan di satu negara.

Data Pengguna Internet Indonesia

indonesia-di-era-digital

Pertumbuhan dari Laporan E-commerce Indonesia 2019

peningkata-dari-tahun-2019

Populasi Berdasarkan Grup Usia

populasi-pengguna-berdasarkan-grup-usia

SUMBER DATA

POPULASI: PBB; SMARTPHONE: GSMA INTELLIGENCE; INTERNET; GLOBAL WEB INDEX; MEDIA SOSIAL: PLATFORM PERIKLANAN MEDIA SOSIAL. DATA DIAMBIL PADA JANUARI 2020.

Analisa E-Commerce Indonesia Tahun 2020

Pertumbuhan E-commerce Indonesia di Tahun 2020 yang meningkat cukup banyak dibandingkan 2019. Dengan peningkatan 15 Juta Smartphone yang terkoneksi dan 25 Juta Pengguna Internet, hal ini mempertegas bahwa pentingnya visibilitas bisnis kamu di Internet dengan menggunakan Strategi Digital Marketing. Selain itu pertambahan Pengguna Aktif Media Sosial sebanyak 12 Juta, menunjukkan semakin besar konsumen potensial yang bisa kamu raih menggunakan Marketing Media Sosial.

Dari pembagian grup berdasarkan grup usia populasi. Diperkirakan pengguna yang aktif belanja dengan online berada pada grup 16 Tahun hingga 64 Tahun. Pada grup usia ini ada sekitar 66% dari total penduduk yaitu 179.7 juta jiwa, ini adalah pasar potensial yang bisa kamu raih dalam pembelian online.

Pengguna Produk Finansial di Indonesia

pengguna-produk-finansial-di-indonesia-2020

SUMBER DATA

SUMBER DATA: WORLD BANK GLOBAL FINANCIAL INCLUSION DATA; CATATAN: PERSENTASE YANG DITUNJUKKAN MERUPAKAN PERSENTASE DARI ORANG YANG BERUSIA 15 TAHUN KEATAS, BUKAN DARI TOTAL POPULASI

Analisa E-Commerce Indonesia Tahun 2020

Dibanding data e-commerce Indonesia tahun 2019 hanya ada pertambahan sedikit sekitar 1% pada orang-orang yang berusia 15 tahun keatas yang memiliki rekening. Tapi bukan berarti hal ini sama, karena ada lonjakan populasi yang sebenarnya menunjukkan adanya peningkatan. Ini menunjukkan ada peningkatan yang stabil pada alat pembayaran yang digunakan untuk melakukan transaksi.

Wanita masih unggul dalam bertransaksi online, walaupun hanya 1.9% yang memiliki kartu kredit tetapi ini tetap menjadikan produk atau jasa yang punya segmentasi pasar terhadap wanita lebih besar dibanding pria. Ada banyak kasus dimana kartu kredit yang pria miliki digunakan untuk membeli kebutuhan wanita. Tapi, perlahan presentasi pria yang berbelanja melalui Internet pun perlahan meningkat.

Aktivitas E-Commerce Indonesia Tahun 2020

e-commerce-indonesia-tahun-2020

SUMBER DATA

SUMBER DATA: GLOBALWEBINDEX (Q3 2019); CATATAN: DATA BERDASARKAN SURVEI DARI PENGGUNA INTERNET BERUSIA 16 HINGGA 64 TAHUN.

Analisa E-Commerce Indonesia Tahun 2020

Dari data e-commerce Indonesia diatas, bisa kita lihat pencarian informasi yang berhubungan dengan produk atau jasa masih mendominasi dengan angka 93%. Hal ini menjawab pertanyaan kenapa SEO itu penting. Pada usia 16 hingga 64 tahun, 88% membeli suatu produk atau jasa secara online dan 80%nya menggunakan HP atau Tablet mereka dalam melakukan pembelian. Ini juga menunjukkan bahwa desain website yang optimal untuk tampilan HP atau Tablet sangatlah penting dalam menjangkau pasar e-commerce Indonesia yang lebih luas.

Data E-Commerce Indonesia Tahun 2019 Berdasarkan Jenis Barang

data-e-commerce-indonesia-berdasarkan-jenis-barang-2019

Perbandingan Data E-Commerce Indonesia 2018 vs 2019

perbandingan-data-e-commerce-indonesia-sepanjang-2019-2018

SUMBER DATA

SUMBER DATA: STATISTA MARKET OUTLOOKS JANUARI 2020; CATATAN: DATA MUSIK DIGITAL TERMASUK LAYANAN MUSIK STREAMING

Analisa E-Commerce Indonesia Tahun 2020

Terjadi peningkatan drastis dalam perilaku belanja online dari e-commerce Indonesia sepanjang tahun 2018 dan sepanjang tahun 2019. Hal ini menunjukan adanya pergeseran kebiasaan dari belanja toko biasa menuju belanja dari toko online. Ini dibantu dengan banyaknya faktor yang mempengaruhi seperti smartphone, paket data / internet, akses, dll. yang semakin terjangkau.

Barang-barang seperti Makanan dan Kebutuhan Pribadi, Furnitur, dan Mainan atau Hobi meningkat secara pesat seiring dengan kemudahan dalam pengiriman barang. Sedangkan Fashion dan Elektronik meningkat seiring dengan semakin aman untuk berbelanja online di e-commerce Indonesia.

Dalam hal travelling belum terjadi peningkatan secara signifikan karena tren dari travelling sendiri belum masif di Indonesia. Aku perkirakan dari tahun ke tahun, perlahan industri travelling akan terus naik meskipun tidak signifikan seperti jenis barang lainnya.

Dalam musik digital dan video game belum terjadi peningkatan secara signifikan. Menurut aku salah satu faktor yang mempengaruhi adalah, banyak orang Indonesia yang belum merasakan pentingnya membeli / streaming musik digital dan video game original, sehingga pertumbuhannya pun tidak secepat pasar global.

Pembelian Barang Secara Online Tahun 2020

pembelian-barang-online-tahun-2020

SUMBER DATA

SUMBER DATA: STATISTA MARKET OUTLOOKS JANUARI 2020; CATATAN: PEMBELIAN TIDAK TERMASUK PEMBELIAN PRODUK TRAVELLING, AKOMODASI, KONTEN DIGITAL, ATAU PEMBELIAN B2B

Apa it ARPU?

Dalam grafis ini aku rasa tidak perlu karena sudah cukup jelas. Sekarang kita bahas apa itu ARPU dalam Data E-commerce Indonesia Tahun 2020 ini?

ARPU adalah singkatan dari Average Revenue Per User. Ini adalah metrik yang digunakan banyak perusahaan dalam mengukur faktor-faktor yang berkontribusi dalam pendapatan secara keseluruhan suatu perusahaan. ARPU ini digunakan untuk menganalisa pola pertumbuhan dan sebagai perbandingan kesuksesan sebuah perusahaan dibanding kompetitor-nya.

Metode Pembayaran yang Digunakan di E-Commerce Indonesia

metode-pembayaran-e-commerce-indonesia-2020

SUMBER DATA

SUMBER DATA: PPRO, PAYMENTS AND E-COMMERCE REPORTS 2020 EDITIONS;

Analisa E-Commerce Indonesia Tahun 2020

Data E-commerce Indonesia Tahun 2020 diatas adalah metode pembayaran riil yang digunakan konsumen dalam melakukan pembayaran di e-commerce Indonesia. Ini penting karena metode pembayaran adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi keputusan membeli konsumen. Dengan menyediakan metode pembayaran diatas, kamu bisa menjangkau pasar lebih luas. Terutama pada metode pembayaran kartu kredit yang saat ini hanya disediakan oleh e-commerce besar di Indonesia.

Metode pembayaran Cash atau Cash on Delivery pun hanya memiliki persentase 13%. Ini dipengaruhi faktor-faktor lain seperti kemudahan akses terhadap kartu kredit, transfer bank, e-wallet, dll. Jadi mungkin sudah saatnya kamu meng-optimasi metode pembayaran selain Cash.

Sumber Penemuan Konsumen Terhadap Sebuah Brand

sumber-penemuan-konsumen-terhadap-sebuah-brand

SUMBER DATA

SUMBER DATA: GLOBALWEBINDEX Q3 2019 BERDASARKAN SURVEI PENGGUNA INTERNET USIA 16 HINGGA 64 TAHUN;

Analisa E-Commerce Indonesia Tahun 2020

Dari Data E-commerce Indonesia Tahun 2020 diatas. Bisa kita temukan bahwa penemuan sebuah brand oleh konsumen mayoritas melalui media digital. Dari 8 data diatas, 2 merupakan dari media tradisional (TV, dan Product Placement TV seri dan Film), dan 6 dari kanal digital. Selain menunjukan efektivitas dari Digital Marketing, ini juga menunjukkan bahwa dengan Digital Marketing kamu bisa menjangkau pasar yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan media tradisional.

Nilai Pasar Periklanan Digital

nilai-pasar-periklanan-digital

Nilai Pasar Periklanan Digital Tahun 2018 vs 2019

Perbandingan-nilai-pasar-periklanan-digital-2019-2018

SUMBER DATA

SUMBER DATA: STATISTA MARKET OUTLOOK FOR DIGITAL ADVERTISING, DIAKSES JANUARI 2020; CATATAN : NILAI YANG DITAMPILKAN DALAM MATA UANG USD DAN TIDAK TERMASUK PENGELUARAN MARKETING EMAIL, IKLAN SUARA, MARKETING INFLUENCER, SPONSOR, PRODUK PLACEMENT, DAN KOMISI SISTEM AFILIASI.

Analisa E-Commerce Indonesia Tahun 2020

Pada Januari 2020 ini, pengeluaran untuk periklanan digital sebesar 1.89 Miliar USD di Indonesia. Dengan urutan tertinggi iklan PPC (Pay-per-click), Iklan Banner, dan Iklan Media Sosial. Kalau kita bandingkan dengan Data E-commerce tahun 2019, ada peningkatan 16% di total pengeluaran periklanan digital, dengan urutan tertinggi pengeluaran iklan media sosial 19%, banner 19%, dan PPC 16%.

Dari sini bisa kita lihat respon positif terhadap periklanan melalui kanal digital. Dan dari data kasar diatas, bisa kita baca diantara semua kanal digital diatas, iklan media sosial, banner, dan media sosial memberikan ROI (Return on Investment) tertinggi sehingga disambut dengan peningkatan budget sepanjang tahun 2019.

Sumber Data E-Commerce Indonesia Tahun 2020

GlobalWebIndex

Global Web Index adalah penyedia data profiling audience untuk agensi, publisher, dan brand global.

STATISTA

Statista adalah salah satu penyedia statistik database terbesar di Internet. Produk Digital Market Outlook-nya menyediakan prediksi, wawasan pasar yang mendalam, dan indikator kunci lebih dari 90 pasar digital yang vertikal, termasuk e-commerce, media digital, periklanan, smart home, dan fintech di lebih dari 150 negara.ex adalah penyedia data profiling audience untuk agensi, publisher, dan brand global.

GSMA Intelligence

GSMA adalah organisas yang menyediakan databse statistik operator telekomunikasi, prediksi, dan laporan industri yang mencakup negara yang sangat luas, mulai dari Afghanistan hingga Zimbabwe. Di update harian, menyediakan data paling akurat dan komplit berisi data poin invidividual.
Artikel Lainnya
manfaat blog di tahun 2020
3 Manfaat Blog yang Harus Kamu Ketahui di Tahun 2020