Freelance Indonesia Wajib Punya

Freelance Indonesia Wajib Punya Software Ini, Notion

Last updated:

Freelance Indonesia di tahun 2020 ini semakin berkembang, semakin banyak orang-orang yang lebih memilih menjadi freelancer dibandingkan menjadi pekerja kantoran, dan mungkin kamu salah satunya.

Oh iya, artikel ini merupakan artikel pelengkap dari 5 Tips Produktif Kerja di Rumah (WFH).

Freelancer Adalah

Freelancer menurut definisi dari Wikipedia. Freelancer adalah pekerja lepas yang bekerja sendiri, dan tidak memiliki komitmen jangka panjang terhadap sebuah perusahaan. Pekerja freelance biasanya direpresentasikan oleh sebuah perusahaan atau agensi sementara yang menawarkan pekerja freelance terhadap klien. Ada yang bekerja secara independen, atau menggunakan layanan penyedia freelance untuk bekerja.

Era Freelancer Modern

Photo by Ewan Robertson on Unsplash

Freelance Indonesia sangat bergantung dengan yang namanya internet, aplikasi, dan software dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai pekerja freelance, kita harus tetap up-to-date untuk memberikan pengelaman terbaik dan membantu meningkatkan produktivitas.

Secara naluriah, kita cenderung untuk konsisten dalam menggunakan alat yang digunakan untuk membantu kita, tetapi, mengikuti perkembangan yang ada adalah salah satu cara yang baik untuk tetap berada didepan.

Aplikasi dan alat-alat yang ada di tahun 2019 kemarin semakin banyak dan kompetitif dengan fitur-fitur terbaru, dukungan pelanggan dan berbagai macam skenario yang ada. Namun ada satu persamaan yang dimiliki semuanya.

Fleksibilitas

Dari waktu ke waktu, persaingan semakin freelance Indonesia semakin ketat, semua berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik dengan respon yang cepat, seorang pekerja freelance dalam bidang desain, influencer, dll. Dituntut untuk memenuhi berbagai macam pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

Disinilah fungsi aplikasi pendukung produktivitas untuk freelancer. Untuk mempermudah kita untuk mengatur pekerjaan, meningkatkan produktivitas, dan stay ahead of the game.

Apa itu Notion?

Notion untuk freelance indonesia
Website Notion

Notion adalah alat manajemen proyek yang bisa dimanfaatkan untuk team atau individual freelance untuk membuat daftar pekerjaan, prioritas, catatan, dll. Lebih tertata, efisien, dan produktif untuk freelance indonesia agar bisa kompetitif dengan freelance di negara manapun.

Ada 3 fitur utama dari Notion:

  • Wiki
  • Project & Task
  • Notes & Docs

Mudahnya, Notion merupakan gabungan dari GithubWIKI, Trello, dan Google Docs/Evernote dalam satu platform.

Freelance Indonesia Mana Saja yang Cocok Menggunakan Notion?

Berbagai macam lini pekerjaan Freelance cocok menggunakan Notion, desainer, desainer web, developer, penulis, dll. Bahkan menurut aku Notion juga cocok digunakan untuk Mahasiswa/Pelajar, pekerja kantoran yang lagi work from home (WFH) karena virus Corona, pekerja remote, bahkan ibu rumah tangga.

Notion Bisa Diakses Dari Mana Saja?

Notion Android IOS
Notion iOS & Android
Notion Mac & Windows

Salah satu kelebihan Notion yang paling aku suka adalah, ketersediaan Notion di berbagai platform. Kamu bisa mengakses Notion dari website-nya langsung, atau dari iOS, Android, Mac, dan Windows. Ini membuat saya pertama kali jatuh hati dengan Notion karena tawaran fleksibilitasnya.

Dukungan Template

template freelance indonesia
Pilihan template yang bisa kamu pilih

Terdapat banyak pilihan template bawaan yang bisa kamu gunakan untuk mengatur catatan kamu. Mulai dari untuk catatan Personal, Desain, Pendidikan, Marketing, Developer, dan masih banyak lagi.

Fleksibilitas

Ini adalah alasan utama yang paling aku sukai dari Notion. Notion sangat fleksibel, dan memfasilitasi kamu dengan berbagai macam kustomisasi yang bisa kamu lakukan. Terutama untuk aku yang seringkali mendapat inspirasi di berbagai tempat dan waktu yang acak, untuk bisa mencatat berbagai inspirasi atau catatan yang aku perlukan melalui satu platform ini sangat berguna. Kita jadi semakin efisien karena tidak perlu bingung harus mencatat di Trello, Evernote, dll. Cukup lewat Notion dan kita cari kategori tempat kita akan meletakkan catatan kita.

Di artikel selanjutnya aku akan membahas contoh implementasi yang bisa kamu pakai di dalam Notion. Kalau lupa tolong ingatkan ya hehe, bisa lewat Twitter atau Instagram.

Gratis (Favorit Freelance Indonesia)

harga notion
Fitur Tambahannya bisa kamu lihat lengkap di Notion Pricing Plan

Ini adalah fitur aplikasi/software favorit untuk Freelance Indonesia, gratis :). Notion memiliki opsi pembayaran gratis dan berbayar, yang tentu saja memiliki perbedaan secara fitur, ataupun jumlah team/kolaborator dalam sebuah project. Untuk lebih lengkapnya bisa kamu lihat pada gambar dibawah ini yang aku ambil langsung dari website Notion.

Siapkah Kamu Kaum Freelancer Meningkatkan Produktivitasmu?

Kamu bisa mempelajari lebih lengkap tentang Notion pada web resminya secara langsung. Atau mungkin kamu bisa bertanya disini, siapa tahu aku bisa membantu kamu apabila kamu masih punya pertanyaan mengenai Notion.

Mendaftar Notion (Ini adalah link afiliasi aku, dengan mendaftar disini kamu akan mendapatkan kredit senilai $10 untuk berlangganan Notion secara Premium)

Adakah Freelance Indonesia yang Sudah Menggunakan Notion?

Apakah kamu sudah pernah atau sedang menggunakan Notion? Freelance di bidang apakah kamu? Yuk bagi pengalaman kamu tentang Notion disini.

Artikel Lainnya
featured-digital-marketing
Digital Marketing Itu Apa? Apa yang Harus Kamu Ketahui?