nano-influencer-dalam-strategi-marketing-media-sosial-2020

Nano Influencer dalam Strategi Marketing Media Sosial 2020

Nano Influencer? Apa bedanya dengan Influencer biasa?

Dunia marketing teruslah berubah seiring perkembangan jaman, terutama e-commerce Indonesia di tahun 2020 ini semakin mendominasi.

Walaupun membuat konten atau produk yang bagus itu penting. Anda juga harus membuat orang-orang tahu bahwa anda punya konten atau produk yang bagus.

Nah, bekerja sama dengan Influencer dalam strategi marketing media sosial anda, dapat memperluas jangkauan anda.

Menurut data dari MediaKix, 35% marketer mengatakan marketing menggunakan influencer sangat efektif, dan 45% mengatakan efektif. Dengan total 80% marketer mengatakan marketing menggunakan influencer itu efektif.

seberapa efektif influencer marketing

Setelah sebelumnya saya membahas tentang Micro-Influencer di tahun 2019, kali ini saya akan membahas tentang Nano Influencer.

Influencer Adalah

Influencer adalah seseorang dalam sebuah topik atau industri khusus yang punya pengaruh terhadap orang banyak yang mengikuti media sosialnya.

Influencer punya pengetahuan, otoritas, dan pandangan terhadap sebuah subjek yang spesifik, entah itu dalam kategori Lifestyle, Fashion, Beauty, dll.

Sedangkan Influencer Marketing, adalah salah satu strategi dari marketing media sosial yang termasuk dalam Digital Marketing, yang inti strateginya adalah dengan bekerja sama dengan Influencer.

Jenis Influencer

Sebelum era media sosial, Influencer sebenarnya sudah lama ada. Awalnya, mereka adalah figur publik seperti artis dan atlit yang membantu mempromosikan produk dan sebuah merek melalui media televisi dan radio.

Kemudian seiring perkembangan jaman. Media sosial menciptakan berbagai macam jenis Influencer yang kita kenal sekarang, seperti:

  • Artis dan Atlit
  • Micro-Influencer seorang individu yang punya pengaruh di media sosial
  • Blogger dan content creator
  • Serta ahli di bidang Industri atau bidang-bidang lainnya.

Apa itu Nano Influencer?

nano-influencer-itu-apa

Nano Influencer sendiri sebenarnya hampir mirip dengan Micro Influencer. Kalau Micro Influencer memiliki follower antara 10rb hingga 20rb, Nano Influencer memiliki follower antara 1.000 hingga 10.000.

Nano influencer bisa dibilang orang yang cukup dikenal di kota-nya.

Punya follower yang kecil tapi memiliki interaksi yang tinggi. Mereka sering berbagi pengalaman yang autentik dan membangun komunitas kecil disekitarnya.

Lalu, buat apa mempromosikan produk atau jasa anda lewat Influencer yang kecil?

Nano influencer ini bisa dibilang orang yang baru dalam perjalanan media sosial mereka, akun mereka terpusat pada konten yang mereka bagikan berdasarkan pengalaman pribadi.

Lagipula, tidak seperti Influencer lainnya atau Micro-Influencer, mereka belum bekerja sama dengan berbagai merek yang ada. Mereka juga mampu memberikan pengalaman autentik yang kredibel dan lebih dipercaya oleh pengikut mereka.

Selain itu, dengan follower yang sedikit membuat mereka punya tingkat interaksi yang tinggi. Follower mereka pun cenderung loyal.

Karena apa?

Karena nano influencer tumbuh dari dedikasi dan passion mereka dalam berbagi konten yang mereka percaya.

Keuntungan Bekerja Sama dengan Nano Influencer

keuntungan-dengan-nano-influencer

Figur yang Relatable

Nano influencer adalah sosok figur yang relatable dengan banyak orang. Mereka tidak punya kehidupan glamor yang biasanya ditampilkan Influencer ternama (selebgram) atau artis di media sosial, jadi pengikut mereka merasa tidak punya perbedaan signifikan dengan nano influencer.

Dan yang utama adalah, mereka tidak bergantung pada endorsement atau iklan untuk hidup. Stories mereka pun tidak dipenuh ‘titik-titik’ yang berisi paid promote.

Indikator-indikator ini bagus untuk produk atau merek anda.

Karena, 90% konsumen menganggap opini yang asli itu penting ketika mereka menentukan merek mana yang akan mereka pilih dan sukai.

Nano Influencer juga punya follower yang organik. Mayoritas dari follower mereka adalah orang yang mereka kenal, mulai dari teman, keluarga, rekan kerja, dll.

Bekerja sama dengan mereka bisa memberikan perasaan autentik.

Lebih Terjangkau

Sudah tidak perlu diragukan lagi, Nano Influencer lebih terjangkau dibanding influencer besar atau micro influencer.

Meskipun saya tidak punya data yang jelas mengenai tarif nano influencer ini (selain karena masih jarang di Indonesia). Untuk perhitungan kasar berdasarkan Influencer di Amerika Serikat. Studi tahun 2019 dari Klear memperkirakan tarif satu video Instagram dari artis sekitar $3138, Micro Influencer $219, dan Nano Influencer $114.

tarif-nano-influencer

Selain ini membuat Nano Influencer lebih terjangkau, mereka juga lebih mudah diajak kerja sama.

Bahkan

Beberapa mungkin mau menerima pembayaran dalam bentuk produk.

Engagement yang Tinggi

Menurut studi tahun 2018 dari SocialPubli, Nano influencer punya engagement yang lebih tinggi di Instagram dibandingkan dengan Influencer lainnya.

tingkat-engagement-influencer-instagram

Selain karena memiliki follower yang benar-benar spesifik dan peduli dengan konten mereka. Dengan jumlah follower yang lebih sedikit, mereka bisa berinteraksi dengan follower mereka dengan mudah dan intens.

Dalam konten mereka, terkadang bisa ditemukan percakapan serius dengan follower mereka. Dan dengan interaksi yang tinggi dengan followernya, ini bisa membuat konversi produk anda lebih tinggi.

Follower Mereka Percaya Mereka

Karena mayoritas follower mereka adalah orang-orang yang mengenal mereka. Mereka akan lebih percaya rekomendasi dari mereka dibandingkan dari influencer yang lebih besar.

Semisal

Aurel bilang kalau produk X membuat wajahnya bebas jerawat, maka teman-teman dan keluarga Aurel akan melihat kalau itu benar. Aurel punya jerawat, dan hilang.

Ini akan membuat follower Aurel mempertimbangkan untuk membeli produk yang sama karena mereka percaya Aurel.

Dalam membagikan info sebuah produk, nano influencer cenderung hati-hati dalam memilih produk atau jasa yang sekiranya tidak akan mengecewakan follower mereka. Sehingga ini juga membuat follower mereka jauh lebih percaya rekomendasi mereka.

Konten yang Relevan dengan Produk atau Jasa Anda

Karena mereka berhati-hati terhadap konten yang mereka post, mereka tentunya punya kategori spesifik tentang apa yang mereka bahas.

Mereka akan membuat konten yang asli dan relevan tentang produk atau jasa kamu yang relevan dengan follower mereka.

Nano Influencer juga bisa anda gunakan untuk mencoba segmentasi konsumen baru untuk produk anda.

Anda Bisa Berkembang Bersama Mereka

Masih jarang sebuah merek atau bisnis bekerja sama dengan nano influencer.

Anda juga mungkin tidak akan menemukan iklan lain selain merek anda di konten mereka. Iklan anda bisa jadi iklan pertama dari jenis produk atau jasa anda.

Anda juga bisa membangun hubungan dengan mereka dan bekerja sama hingga beberapa tahun kedepan sembari berkembang bersama.

Kekurangan Bekerja Sama dengan Nano Influencer

Memang, ada banyak keuntungan bekerja sama dengan mereka.

Tapi

Disetiap kelebihan selalu ada kekurangan.

Mereka kurang berpengalaman, sehingga bisa mengarah pada kesalahan-kesalahan umum yang seharusnya bisa dihindari.

Ada kemungkinan juga mereka tidak paham dengan kebutuhan konten anda. Mungkin juga mereka merasa bersalah menawarkan sebuah produk atau jasa kepada follower mereka yang berisi teman-teman dan keluarga.

Akan lebih baik jika anda mengkomunikasikan tentang produk atau jasa anda, serta pesan yang ingin disampaikan. Sehingga konten mereka tidak melenceng dari pesan yang ingin anda sampaikan.

Kualitas Seperti Apa yang Dicari Dari Seorang Nano Influencer?

Anda bisa menggunakan agensi Influencer Marketing yang sekarang sudah mulai bermunculan di Indonesia. Agensi ini akan membantu anda mengidentifikasikan tujuan dan kebutuhan anda, dan menyesuaikan dengan nano influencer mana untuk produk atau jasa anda.

Mereka juga akan menjadi penjembatan komunikasi antara anda dengan nano influencer untuk memaksimalkan hasilnya.

Dibawah ini saya jelaskan beberapa faktor yang bisa dipertimbangkan:

Kualitas Konten

Apakah konten mereka sesuai dengan follower mereka?

Apakah kualitas kontennya sesuai dengan apa yang anda harapkan?

Masing-masing influencer punya konten yang berbeda. Entah itu secara kualitas visual, intonasi, konsistensi, dan topik yang mereka bahas.

Pastikan konten mereka berkualitas, konsisten, fokus, dan sesuai dengan image dan tujuan dari merek anda.

Engagement

Engagement atau Interaksi adalah indikator kunci yang perlu anda perhatikan dalam memilih influencer yang tepat di marketing influencer anda.

Anda bisa mengukur engagement mereka dengan membagi jumlah like, komentar, dan view, atau anda juga bisa menggunakan kalkulator engagement seperti dari Phlanx.

kalkulator-engagement

Follower yang Relevan

Temukan nano influencer yang punya follower yang relevan dengan produk anda.

Contohnya, ketika produk anda adalah produk kecantikan, cari juga influencer tentang kecantikan, jangan sampai anda bekerja sama dengan influencer tentang mobil.

Bagaimana Cara Bekerja Sama dengan Nano Influencer?

Setelah anda menemukan influencer yang cocok, kamu bisa menghubungi mereka melalui Direct Message (DM) atau biasanya mereka punya nomor yang bisa dihubungi di Bio mereka.

Berikan informasi tentang apa yang anda tawarkan kepada mereka. Persyaratan, pembayaran, dan hasil yang diinginkan.

Ada berbagai cara untuk bekerja sama dengan nano influencer yaitu:

Menjadikan Mereka Sebagai Brand Ambassador

Anda bisa mengintegrasikan mereka kedalam strategi marketing media sosial anda sebagai Brand Ambassador.

Anda juga bisa bekerja sama untuk membuat video yang menceritakan bisnis anda. Sehingga anda bisa mempromosikan bisnis anda sebagai produk yang terjangkau dan banyak digunakan orang.

Membagikan Kupon atau Diskon

Berdasarkan data dari Statista, 92% konsumen menggunakan kupon untuk berbelanja.

Mereka bisa menginfokan follower mereka tentang promosi dan kupon dari produk atau jasa anda. Mereka juga bisa menggunakan promosi untuk memberikan reward terhadap follower mereka.

Win-win solution kan?

Mengirimkan Produk Untuk di Review

Anda bisa menawarkan produk anda secara gratis dan meminta mereka untuk mereview setelah mencobanya. Ini salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan masukan dan membuat konten dari pengguna produk anda.

Konsumen ingin bukti nyata bahwa produk atau jasa anda bekerja seperti yang diiklankan. Sebelum membeli sesuatu, mereka akan ingin tahu pengalaman konsumen yang sudah menggunakan produk anda.

Menurut data dari Stackla dengan melihat pengalaman konsumen yang menggunakan produk anda, mempengaruhi keputusan beli 9.8x dari konten iklan biasa.

Jangan lupa perhatikan kotak komentar dan melihat respon dari follower mereka tentang produk anda.

Menawarkan Produk Anda untuk Giveaway

Salah satu cara yang sering dilakukan influencer adalah dengan melakukan giveaway. Ini juga jadi salah satu cara untuk membangun hubungan dengan influencer dalam jangka panjang.

Anda bisa menawarkan produk atau jasa anda untuk dijadikan bahan giveaway. Produk atau jasa anda akan mendapatkan konsumen potensial, dan nano influencer anda akan mendapatkan cara untuk berbagi dengan follower mereka.

Dalam Bekerja Sama dengan Nano Influencer Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

bekerja-sama-dengan-nano-influencer

Pahami Cara Mereka Berkomunikasi

Jangan terlalu ketat dan mendikte mereka tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan follower mereka. Mereka tahu follower mereka lebih baik daripada anda.

Jika anda mengubah cara berkomunikasi mereka, ada kemungkinan follower mereka menyadari bahwa pesannya tidak alami dan terkesan terpaksa.

Bantu Mereka Memahami Bisnis Anda

Komunikasikan mengenai bisnis anda, tujuan dan misi bisnis anda, dan gaya branding anda, sehingga mereka bisa lebih paham cara mengkomunikasikan produk atau jasa anda.

Selain itu, mereka juga butuh saran anda, terutama dalam penyampaian pesan. Jelaskan apa yang anda butuhkan dan ekspektasi anda.

Pantau Pengaruh Nano Influencer dalam Marketing Media Sosial Anda

Tetap pantau KPI (Key Performance Indicator) anda tergantung dari produk serta tujuan yang ingin anda capai. Indikator ini bisa berupa jumlah pembelian, kunjungan ke Instagram anda, atau website anda.

Kesimpulan

Nano influencer bisa membantu anda untuk meningkatkan brand awareness dan revenue dari bisnis anda. Terutama, konsumen sekarang membeli produk berdasarkan saran dari orang-orang yang bisa mereka percaya.

Nano Influencer punya kelebihan di rate mereka yang lebih terjangkau dibandingkan Influencer besar atau Micro Influencer. Selain itu, mereka juga jauh lebih terjangkau dan memiliki engagement yang asli dengan follower mereka. Bisnis menengah kebawah dan menengah keatas pun bisa memakai nano influencer.

Bagaimana Dengan Anda?

Pernahkah anda bekerja sama dengan nano influencer?

Kalau pernah yuk berbagi pengalaman kamu dengan mereka, dan kalau belum apa yang membuat anda belum pernah bekerja sama dengan mereka?

Tuliskan pengalamanmu di kotak komentar dibawah, atau jika anda punya pertanyaan bisa juga anda tuliskan dibawah.

Terima kasih sudah membaca artikel saya tentang Nano Influencer, kalau anda merasa artikel ini membantu anda atau punya teman yang membutuhkan artikel ini, bisa kamu bagikan ke media sosial.

Artikel Lainnya
e-commerce-indonesia-tahun-2020
E-Commerce Indonesia Tahun 2020. Era Digital Mendominasi