featured-instagram-creator-studio

Panduan Lengkap Instagram Creator Studio. 2020 Influencer, dan Pengusaha Wajib Tahu!

Instagram Creator Studio, pernah dengar? Baca panduan lengkapnya disini! Wajib untuk Influencer dan Toko Online

Perhatian buat Influencer, blogger, pengusaha dan Pemilik Toko Online. Ada alat yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadwal dan post Instagram kamu dari komputer, dan menganalisa akun Instagram kamu, namanya Instagram Creator Studio dari Facebook.

Sebenarnya, alat ini sudah lama ada sih, di awali dengan Creator Studio yang sebelumnya cuma ada untuk Facebook Page, dan banyak orang ternyata masih belum tahu tentang Instagram Creator Studio ini, padahal ada banyak fitur penting di dalamnya yang nanti aku bahas di artikel ini.

Apa itu Facebook Creators?

Mungkin ini pertama kalinya kamu dengar Instagram Creator Studio, padahal alat super duper penting dari Facebook ini sudah ada sejak lama lho.

Ini berawal dari akhir tahun 2017 waktu Facebook meluncurkan Facebook Creator App dan Facebook for Creator Website untuk membantu orang-orang untuk mengelola Facebook Page.

Foto via Facebook (Aplikasinya sudah Discontinue dan hanya bisa dibuka lewat Komputer)

Kemudian pada bulan Agustus 2019 kemarin ada update di Facebook Creator Studio, Instagram Creator Studio. Yang menjadi fitur utama dari ini adalah kemampuan untuk mengupload post Instagram dan IGTV terjadwal.

Dulu, update terbaru ini cukup menghebohkan di kalangan marketer media sosial, tapi untuk kebanyakan orang masih sedikit yang tahu.

Walaupun sebelumnya Facebook mengupdate API Instagram sehingga bermunculan aplikasi pihak ketiga yang bisa menjadwalkan post Instagram, tapi mereka punya batasannya masing-masing, sedangkan punya Facebook? Ya karena bawaan jadinya tidak punya batasan-batasan ini dan gratis.

Kalau kamu influencer, blogger, pengusaha atau toko online. Sebaiknya kamu juga punya Facebook Page, dan menghubungkan Instagram dan Facebook page.

Untuk Facebook Creators sendiri, Facebook punya website yang menjelaskan tentang apa itu Facebook Creators.

Apa itu Instagram Creator Studio?

Dengan adanya Instagram Creator Studio di Facebook Creator, kamu bisa membuat post, mengelola, menganalisa dan memonetisasi konten kamu di Facebook Page atau Akun Instagram.

tampilan-instagram-creator-studio
Tampilan dari Instagram Creator Studio

Apakah kamu termasuk Creator?

Definisi ‘Creator’ dari Facebook ini sebenarnya cukup luas, kata creator ini dipakai untuk menjelaskan pengguna yang membuat dan membagikan konten original. Entah itu musisi seperti Sal Priadi, beauty influencer seperti IniVindy, blogger seperti Dewi Ratna dan NengBiker, bahkan toko online atau bisnis seperti Vosco Coffee.

Facebook dalam Press Releasenya pun bilang “Dengan opsi ini, creator bisa mengembangkan passion mereka menjadi bisnis, mencari uang dengan kombinasi dari produk monetisasi yang lebih terarah untuk konten dan audiens mereka.”

Bagaimana Menghubungkan Instagram dengan Instagram Creator Studio?

Sebelum kamu bisa mem-posting, mendapatkan data untuk dianalisa, atau melihat post yang kamu buat, kamu harus menyambungkan akun Instagram kamu ke Creator Studio. Begini caranya.

Persiapan:

  • Pastikan akun Instagram kamu dan Facebook Page kamu terhubung
  • Jangan lupa ubah akun Instagram kamu menjadi Business Account atau Creator Account

Buka Creator Studio di komputer kamu dan klik Icon Instagram di bagian atas halaman

mengganti-ke-instagram-creator-studio
Lihat icon Instagram di bagian atas tengah halaman

Setelah kamu klik, akan ada beberapa opsi:

  1. Kalau kamu mengelola Facebook Page yang sudah terhubung dengan Instagram yang kamu inginkan, cukup klik Connect to that Page
  2. Kalau kamu belum mengelola Facebook Page yang terhubung dengan akun Instagram, klik “Connect to Instagram” dan ikuti langkah-langkahnya
  3. Kalau kamu mengelola Facebook Page yang sudah terhubung dengan akun Instagram, tapi km ingin memakai akun Instagram yang berbeda, klik “Connecto another Instagram Account” dan ikuti langkah-langkahnya
  4. Kalau kamu punya banyak akun Instagram yang terhubung dengan Facebook Page dan ingin mengelolanya di Creator Studio, klik “Continue with Connected Accounts”
sukses-koneksi

Catatan!

Orang yang juga ikut mengelola Facebook Page kamu, akan otomatis bisa ikut mengelola akun Instagram kamu di Instagram Creator Studio

Apa saja fitur di Instagram Creator Studio?

Begitu kamu sudah menghubungkan akun Instagram kamu dengan Instagram Creator Studio, kamu bisa mengelola semua posting Instagram kamu (termasuk mengatur jadwal posting di Instagram Post kamu) dan melihat analisis akun dan audiens kamu.

Mengelola Konten Instagram Kamu dengan Instagram Content Library

Di bagian Content Library dalam Instagram Creator Studio, kamu bisa melihat secara keseluruhan semua konten Instagram kamu seperti Foto, Video, Carousel, Stories, dan IGTV.

tampilan-content-library-instagram
Tampilan Content Library dari Instagram Creator Studio

Kamu bisa menggunakan kotak pencari untuk mencari konten atau memakai filter untuk merapikan tampilan konten berdasarkan statusnya (All, Published, Archived) atau berdasarkan tanggal.

contoh-tampilan-post
Contoh tampilan detil post

Kamu juga bisa klik post yang ada untuk menampilkan secara detail tentang konten kamu dan performanya.

Ini termasuk berapa banyak yang melihat, dimana mereka melihat konten kamu, bagaimana interaksi mereka, dan apa yang orang-orang lakukan.

Kamu bisa melihat analytics post yang biasanya kamu bisa liat di aplikasi Instagram, dan data yang ditampilkan pun berbeda-beda juga tergantung apakah itu konten foto, video, IGTV, atau story.

Post Instagram dan IGTV

Di Instagram Creator Studio juga menyediakan alat untuk mengirim post Instagram dan IGTV. Ini membuat influencer, Blogger, Pengusaha atau toko online bisa dengan mudah mengirim konten mereka di Facebook dan Instagram secara bersamaan dan melalui komputer.

Cukup klik tombol biru “Create Post” di kiri atas halaman, nanti akan muncul opsi Instagram Feed dan IGTV.

Setelah kamu memilih “Instagram Feed”, akan muncul jendela baru dari kanan layar dimana kamu bisa mengupload gambarmu (atau banyak gambar alias carousel), menulis caption, menambahkan lokasi, men-tag orang lain, dan meng-crop gambar kamu. Selain itu kamu juga bisa mengatur untuk konten kamu tampil bersamaan di Facebook Page dan Instagram. Sekali dayung dua pulau terlampaui kan?

membuat-post-instagram
Tampilan Post Instagram Feed

Dan fitur yang menurutku paling berguna dalam Instagram Creator Studio adalah, kamu bisa menjadwalkan kapan konten kamu akan tampil.

menjadwalkan-influencer-toko-online
Tampilan menjadwalkan post atau menampilkan post dengan segera

Fitur ini sangat berguna untuk Influencer, Blogger, Pengusaha dan Toko Online. Dari data analisis follower kamu, kamu bisa melihat kapan waktu dimana followermu banyak yang memakai Instagram, dan menyesuaikan kapan kamu menjadwalkan konten kamu untuk tampil. Sehingga kemungkinan konten kamu dilihat follower kamu semakin tinggi. Dan ini juga berlaku untuk video IGTV.

Menganalisa Data Akun Instagram Kamu

Catatan!

– Kamu hanya bisa melihat data post dan stories yang kamu posting setelah mengubah akun menjadi akun bisnis atau akun kreator.
– Data yang ditampilkan termasuk aktivitas organik dan iklan berbayar.

Selain dua fitur diatas, Instagram Creator Studio juga punya fitur analisa statistik akun Instagram kamu, ini juga fitur penting untuk Influencer, Blogger, Pengusaha atau Toko online untuk memahami lebih baik follower kamu dan bagaimana interaksi atau kunjungan orang ke akun Instagram kamu.

Sayangnya, Instagram Creator Studio hanya menyimpan data selama satu minggu terakhir.

Dalam tab Insight, kamu bisa melihat aktivitas akun kamu, dan statistik pengunjung atau follower kamu dalam rentang waktu 7 hari terakhir. Kamu bisa melihat interaksi yang follower kamu lakukan (kunjungan website, kunjungi profile, email, telepon, dll.), dan juga seberapa banyak akun kamu dilihat oleh orang.

tampilan-insight
Tampilan Tab Insight

Dalam tab Audience, kamu bisa melihat informasi tentang follower kamu seperti jenis kelamin, rentang umur, dan lokasi mereka.

tampilan-audience
Tampilan Audience

Instagram Creator Studio sangat berguna untuk influencer, blogger, pengusaha dan toko online sehingga kamu bisa mengoptimasikan bagaimana post yang kamu bisa sesuai dengan target audiens kamu.

Terutama toko online, karena kehadiran kamu sepenuhnya online, kamu dituntut untuk tetap eksis di berbagai platform media sosial yang ada. Dan alat dari Facebook ini bisa kita manfaatkan untuk berinteraksi lebih dengan follower kamu, mengelola strategi digital marketing kamu, dan mengembangkan bisnis kamu.

Kalau kamu punya pertanyaan atau ingin diskusi, silahkan tuliskan di kotak komentar dibawah ini.

Artikel Lainnya
IAM MBtech 2019 Batu, Malang
IAM MBtech 2019 Ada di Museum Angkut Batu